5 Pemain Bintang yang Tolak Tawaran Barcelona, Nomor 3 karena Uang

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 13:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 46 1858260 5-pemain-bintang-yang-tolak-tawaran-barcelona-nomor-3-karena-uang-cgXDdczAQG.jpg Ronaldo saat diperkenalkan sebagai pemain Madrid. (Foto: AFP/Philiipe Marcou)

BARCELONA bisa dibilang klub tersukses dalam 10 tahun terakhir. Dalam periode tersebut setidaknya Blaugrana –julukan Barcelona– meraih enam trofi Liga Spanyol dan tiga gelar Liga Champions. Lionel Messi menjadi ikon Barcelona dalam 10 tahun terakhir. Berkat kontribusinya juga, Barcelona selalu meraih trofi di setiap musimnya dalam 10 tahun terakhir.

Pencapaian di atas membuat banyak pesepakbola tertarik melanjutkan karier di Barcelona. Meski begitu, banyak juga pesepakbola yang enggan bergabung dengan Barcelona meski memiliki jaminan memenangi trofi. Siapa saja mereka?

Berikut 5 pemain bintang yang tolak tawaran gabung Barcelona, mengutip dari Sportskeeda:

5. Rio Ferdinand

(Foto: AFP/Andrew Yates)

Ferdinand merupakan benteng kukuh Manchester United dalam kurun 2002-2014. Dalam periode tersebut, Ferdy –sapaan akrab Ferdinand– memberikan setidaknya lima trofi Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions bagi publik Stadion Old Trafford. Kekukuhan dalam menjaga area pertahanan membuat Ferdy dibidik Barcelona dan Real Madrid pada pertengahan 2000-an.

Namun, mantan bek andalan Tim Nasional (Timnas) Inggris itu menolak tawaran yang diajukan Barcelona dan Madrid. Saat itu, Ferdy menilai tak ada alasan baginya untuk meninggalkan Man United. Hal itu karena bersama Man United, ia bisa meraih semua trofi yang diinginkan.

4. Alessandro Del Piero

(Foto: AFP/Patrick Hertzog)

Del Piero merupakan legenda Juventus. Selama 19 tahun (1993-2012) berseragam Juventus, Del Piero mencetak 290 gol dari 706 penampilan. Ia pun tercatat sebagai top skor sepanjang masa Juventus. Sepanjang karier berseragam Bianconeri –julukan Juventus, Del Piero setidaknya meraih enam trofi Liga Italia dan satu gelar Liga Champions.

Kecintaannya terhadap Juventus membuat Del Piero yang sangat piawai dalam mengolah si kulit bulat menolak tawaran yang diajukan Barcelona. Hal itu disampaikan agen Del Piero, Claudio Pasqualin pada 2012. Jika berbicara kesetiaan, banyak yang bisa dipelajari dari suami Sonia Amoruso itu. Ketika Juventus terdegradasi ke Serie B 2006-2007 karena skandal calciopoli, ia tetap bertahan dan menolak semua tawaran yang datang.

3. Thiago Silva

(Foto: AFP/Remy Gabalda)

Silva tampil prima selama tiga setengah tahun (2009-2012) membela AC Milan. Pencapaian itu membuat bek berpaspor Brasil itu dibidik Barcelona. Setidaknya, Blaugrana dua kali memberikan penawaran kepada mantan palang pintu Fluminense tersebut.

Akan tetapi, Silva mengaku menolak tawaran Barcelona demi uang. Ia lebih memilih bergabung dengan PSG yang berani memberinya gaji lebih besar. Silva tak segan mengaku hal itu karena sudah memiliki keluarga. Dengan memiliki keluarga, ia tak munafik untuk mencari uang sebanyak-banyaknya dan itu bisa didapatkan bersama PSG.

2. Gianluigi Buffon

(Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Barcelona membutuhkan kiper jempolan dan mereka hampir mendapatkan Buffon dari AC Parma pada musim panas 2001. Akan tetapi setelah berdiskusi dengan sang ayah, Buffon memutuskan melanjutkan karier bersama Juventus.

Saat itu, Buffon ditebus seharga 39 juta pounds atau sekira Rp736 miliar. Hingga kini, nominal tersebut merupakan yang tertinggi dan membuat Buffon berstatus sebagai kiper termahal di dunia. Hengkang ke Juventus merupakan keputusan tepat bagi Buffon. Selama membela Juventus hingga kini, Buffon selalu jadi andalan dan telah menyabet delapan trofi Liga Italia.

1. Cristiano Ronaldo

(Foto: AFP/Josep Lago)

Barcelona sedang membangun kekuatan setelah merebut treble winner pada 2008-2009. Pemain pertama yang mereka incar pada musim panas 2009 ialah megabintang Man United, Cristiano Ronaldo. Bukan tak mungkin tawaran itu ditanggapi positif oleh Ronaldo. Hal itu karena Barcelona baru saja mengalahkan Man United 2-0 di final Liga Champions 2008-2009.

Akan tetapi, Ronaldo justru menolak bergabung dengan Barcelona. Kapten Tim Nasional (Timnas) Portugal itu hanya ingin pindah ke Real Madrid jika harus meninggalkan Man United. Alhasil, Ronaldo pun berstatus sebagai pemain termahal dunia setelah ditebus Madrid dari Man United seharga 80 juta pounds atau sekira Rp1,5 triliun pada musim panas 2009.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini