Image

5 Pemain Bintang Liga Inggris yang Berstatus Bebas Transfer Akhir Musim Ini, Nomor 1 Tolak Perpanjang Kontrak

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 12:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 08 45 1856505 5-pemain-bintang-liga-inggris-yang-berstatus-bebas-transfer-akhir-musim-ini-nomor-1-tolak-perpanjang-kontrak-gIwacqLtbY.jpg Emre Can saat melancarkan protes. (Foto: AFP/Paul Ellis)

LIGA Inggris merupakan pusatnya pemain-pemain top dunia beradu skill. Bayaran besar plus tingginya level kompetisi membuat banyak pesepakbola bintang bersedia menjalani karier bareng klub-klub Liga Inggris.

Akan tetapi, klub Liga Inggris terkenal kejam. Ketika seorang pesepakbola gagal menunjukkan kelasnya, sebuah klub tak segan untuk tidak memperpanjang kontrak si pemain. Namun, tak diperpanjangnya kontrak tersebut tak hanya karena buruknya skill yang dimiliki.

Ada juga karena si pemain menolak memperpanjang kontrak. Setidaknya, ada lima pemain bintang Liga Inggris yang aktif hingga kini, akan habis kontrak pada 30 Juni 2018. Siapa saja?

Berikut 5 pemain bintang Liga Inggris yang berstatus bebas transfer akhir musim ini, mengutip dari Sportskeeda:

5. Luke Shaw

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Shaw didatangkan Man United dari Southampton pada bursa transfer musim panas 2014 dengan mahar 33,75 juta pounds atau sekira Rp638 miliar. Ia mendapatkan kontrak selama empat tahun dan dipercaya dapat dijadikan suksesor tepat bagi Patrice Evra yang hengkang ke Juventus.

Sempat memesona di awal, Shaw kemudian dihantam badai cedera. Cedera patah kaki yang menimpanya pada September 2015 membuat Shaw tak pernah lagi menemukan permainan terbaiknya. Selama tiga setengah musim membela Man United, Shaw baru tampil di 59 pertandingan. Karena itu, Man United disinyalir enggan memperpanjang kontrak Shaw yang habis akhir musim ini.

4. Santiago Cazorla

(Foto: REUTERS/John Sibley)

Ketika didatangkan dari Malaga pada musim panas 2012, Cazorla muncul sebagai pengatur irama permainan Arsenal. Ia jadi aktor di balik kesuksesan The Gunners –julukan Arsenal– meraih trofi Piala FA 2013-2014 dan 2014-2015.

Namun, pada Oktober 2016, Cazorla terkena cedera tumit. Hingga kini, atau sudah 16 bulan lamanya, gelandang berpaspor Spanyol itu tak kunjung sembuh. Karena itu, kontrak Cazorla yang akan habis pada 30 Juni 2018 disinyalir takkan diperpanjang kubu Arsenal.

3. Daley Blind

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Blind merupakan pemain andalan Man United sewaktu ditangani Louis van Gaal dalam kurun 2014-2016. Pesepakbola berpaspor Belanda itu bisa beroperasi di beberapa posisi. Sebut saja fullback kiri, bek tengah, wing back kiri hingga gelandang.

Namun, semenjak tampuk kepelatihan dipegang Jose Mourinho, Blind harus rela lebih banyak duduk di bangku cadangan. Pesepakbola berusia 27 tahun itu pun kemungkinan besar takkan mendapat proposal perpanjangan kontrak dari The Red Devils.

2. Yaya Toure

(Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

Toure bergabung dengan Man City pada 2009 setelah diboyong dari Barcelona. Sejak saat itu, gelandang berpaspor Pantai Gading tersebut jadi bagian integral kesuksesan Man City saat memenangi dua trofi Liga Inggris.

Akan tetapi, peruntungan Toure berubah semenjak Josep Guardiola mengambil alih jabatan Man City pada 2016. Bahkan musim ini, Toure baru mentas di lima laga Liga Inggris dan semuanya dilalui dari bangku cadangan. Karena itu, Toure takkan mendapat perpanjangan kontrak dari manajemen Manchester Biru.

1. Emre Can

(Foto: Paul Ellis/AFP)

Beda dari empat nama di atas, Can kontraknya habis bukan karena tak diperpanjang. Gelandang berpaspor Jerman itu menolak menandatangani proposal perpanjangan kontrak karena ingin pindah ke tim lain pada bursa transfer musim panas 2018.

Disinyalir, Can ingin melanjutkan karier bersama Juventus, klub yang lebih berpeluang meraih trofi ketimbang Liverpool. Bersama Liverpool musim ini, Can tampil gemilang. Dari 31 penampilan di semua kompetisi, Can mengemas lima gol dan empat assist.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini