Piala Dunia 2014

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 10:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 31 357 1852517 piala-dunia-2014-tEGA6LPkb3.jpg Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014. (Foto: AFP/Pedro Ugarte)

PIALA Dunia 2014 digelar di Benua Amerika Selatan, tepatnya di Brasil. Berstatus sebagai tuan rumah, Canarinha –julukan Timnas Brasil– dijagokan menjadi juara. Setidaknya ada dua modal yang membuat tim asuhan Luiz Felipe Scolari layak membusungkan dada.

Brasil memiliki modal apik dengan menjuarai Piala Konfederasi 2013. Saat itu di partai puncak, Neymar Jr dan kawan-kawan mengalahkan Spanyol 3-0. Modal lain ialah, tiap kali Piala Dunia diselenggarakan di Amerika Selatan, tim juara selalu berasal dari negara yang berasal dari benua tersebut.

Namun, prediksi yang berseliweran tidak tepat sasaran. Tim yang keluar sebagai juara ialah Jerman. Die Manschaft –julukan Timnas Jerman– memutus tabu yang ada di Piala Dunia. Dalam sejarahnya, tak ada negara yang berasal dari Benua Eropa mampu menjadi kampiun di luar benuanya.

Akan tetapi Jerman menghentikan kutukan tersebut. Tim asuhan Joachim Low mengeluarkan performa prima sepanjang kejuaraan. Mereka tergabung di Grup G bersama Amerika Serikat (AS), Portugal dan Ghana. Pada laga pertama, Thomas Muller dan kawan-kawan menggila dengan menghajar Portugal 4-0.

Pada laga kedua kontra Ghana, Jerman sempat tersandung. Di luar dugaan, Jerman ditahan Ghana 2-2. Namun di laga pamungkas grup, Jerman kembali menunjukkan kelasnya dengan menumbangkan AS 1-0. Jerman pun keluar sebagai juara Grup G dengan koleksi tujuh poin.

Di 16 besar, Jerman ditantang Aljazair. Sepertinya Jerman agak kesulitan tiap kali bertemu wakil dari Afrika. Terbukti, Jerman membutuhkan 120 menit pertandingan untuk mengalahkan Aljazair dengan skor 2-1.

Selanjutnya pada babak perempatfinal, Jerman dihadang Timnas Prancis yang berisikan pemain-pemain muda potensial seperti Paul Pogba dan Raphael Varane. Lewat perjuangan keras, Jerman menumbangkan Prancis 1-0 via tandukan Mats Hummels.

Pencapaian luar biasa dicetak Jerman di semifinal. Pada fase empat besar tersebut, Jerman dipertemukan dengan Brasil selaku tuan rumah. Estadio Mineirao Belo Horizonte dipadati 58.141 penonton sekaligus menjadi saksi kedigdayaan Jerman atas Brasil. Lewat performa brilian, Jerman menumbangkan Brasil 7-1 sekaligus memastikan tempat di partai puncak.

Argentina menjadi lawan Jerman di partai puncak. Kutukan yang mengatakan Jerman takkan menjadi kampiun di luar Benua Eropa membuat Argentina dijagokan keluar sebagai juara. Namun, Jerman mementahkan semua prediksi.

Jerman keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan Argentina 1-0. Gol tunggal Jerman dicetak Mario Gotze di menit 113. Trofi Piala Dunia 2014 merupakan gelar keempat yang pernah disabet Jerman sepanjang mentas di turnamen empat tahunan tersebut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini