nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PSM Tanpa Target Besar Saat Hadapi Persib

Oris Riswan, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 05:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 49 1850433 psm-tanpa-target-besar-saat-hadapi-persib-SuHLAUXF2i.jpg Robert Rene Alberts (Foto: Oris Riswan/OKEZONE)

BANDUNG - PSM Makassar akan mengarungi laga pamungkas Grup A Piala Presiden 2018 dengan melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (26/1/2018).

Pelatih PSM Robert Rene Alberts sendiri tidak mempermasalahkan dua kekalahan PSM sebelumnya. Jelang laga kontra Persib, ia justru menegaskan sebenarnya PSM tidak tertarik bermain di Piala Presiden.

Ia lebih tertarik bermain di ajang Makassar Supercup Asia yang diikuti klub dari beberapa negara. Ajang itu sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Sedangkan Piala Presiden dijadwalkan belakangan setelah Makassar Supercup Asia terjadwal lebih dulu. Sehingga, keikutsertaan PSM di Piala Presiden tidak ditargetkan meraih hasil impresif.

"Mungkin kamu tidak paham dengan rencana pramusim kami. Kami memang lebih fokus di Makassar Supercup dan tidak tertarik bersaing di Piala Presiden. Kami hanya menyiapkan (bermain di Piala Presiden) itu sebagai sarana latihan saja," kata Rene di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (25/1/2018).

Alasan ia tidak tertarik mengikuti Piala Presiden dikarenakan mayoritas pesertanya adalah kontestan Liga 1. Hal itu cukup aneh karena nantinya klub kontestan Piala Presiden justru akan sama-sama bermain di Liga 1.

"Penting bagi media dan fans kami tidak memainkan turnamen kompetitif di pramusim. Ikut di Piala Presiden hanya sebagai salah satu bentuk kewajiban kami, bukan rencana utama di pramusim," ungkapnya.

Meski begitu, ada sisi positif yang bisa diambil dari keikutsertaan PSM di Piala Presiden. Tidak menargetkan juara, tapi PSM bisa memetik pelajaran berharga dari laga yang dilakoni. Salah satunya pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan yang sesungguhnya dan mendapat tekanan dari suporter.

"Kami hanya ingin melihat sejauh mana progres dari pemain, bukan mencari hasil," jelas Rene.

Ia lalu membandingkan Piala Presiden edisi sebelumnya. Saat itu, tiga tim tersingkir lebih awal, yaitu PSM, Bali United, dan Bhayangkara FC. Tapi, di Liga 1 2017, tiga tim itu justru bersaing sengit untuk berebut gelar juara hingga akhir musim.

"Sedangkan empat tim yang melaju ke semifinal Piala Presiden, satu terdegradasi, dan sisanya berada di papan bawah liga. Kita bicara soal tim profesional untuk liga," papar eks pelatih Arema itu.

Sementara untuk menghadapi Persib, Rene akan memainkan kombinasi pemain muda dan senior. Sebanyak lima pemain senior yang bermain di Makassar Supercup Asia lalu pun ikut diboyong.

"Kami akan menggabungkan tim dengan pemain muda juga pemain baru untuk pertandingan besok," tandas Rene.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini