Image

5 Tim Non-Unggulan yang Mengejutkan Dunia Sepakbola, Nomor 2 dan 3 Juara Piala Eropa

Nyimas Ayu Triana Yustri, Jurnalis · Sabtu 20 Januari 2018 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 19 51 1847648 5-tim-non-unggulan-yang-mengejutkan-dunia-sepakbola-nomor-2-dan-3-juara-piala-eropa-QbJdSC1kYa.jpg Mahrez saat mengangkat trofi Liga Inggris 2015-2016. (Foto: REUTERS/Darren Staples)

TIM unggulan yang banyak dihuni para pemain bintang, biasanya selalu menjadi yang terdepan di setiap kompetisi. Akan tetapi, bagaimana jadinya bila para juara dari kompetisi tersebut berasal dari tim-tim underdog alias tim non-unggulan yang meraih prestasi secara tak terduga?

Berdasarkan data yang ada, tercatat beberapa tim underdog yang ternyata mampu mengalahkan klub besar. Kejutan bisa saja terjadi di Liga Inggris hingga Piala Eropa. Siapa saja?

Berikut 5 tim non-unggulan yang mengejutkan dunia sepakbola, dilansir dari Sportskeeda:

5. Nottingham Forest (Liga Inggris 1977-1978)

(Foto: Sportskeeda)

Nottingham Forest mampu menghentikan dominasi para raksasa Liga Inggris pada 1977-1978, seperti Liverpool, Everton, Manchester City, dan Arsenal. Padahal di musim tersebut, Nottingham hanya beranggotakan 17 pemain.

Salah satu pemain andalan Nottingham saat itu ialah pemain asal Skotlandia, Kenny Burns. Ia menjadi andalan hingga akhirnya Nottingham menjuarai Liga Inggris.

4. Atletico Madrid (Liga Spanyol 2013-2014)

(Foto: Sportskeeda)

Atletico tentu saja tidak terlalu tepat untuk dimasukkan dalam daftar ini. Namun, Atletico bisa juga termasuk underdog bila disandingkan dengan rivalnya seperti Real Madrid dan Barcelona. Akan tetapi takdir berkata lain, Atletico mampu tampil impresif melewati klub-klub unggulan lain sehingga mereka meraih gelar Liga Spanyol 2013-2014.

Kemenangan tersebut merupakan gelar ke-10 Atletico di Liga Spanyol. Di musim tersebut Atletico menutup musim dengan koleksi 90 angka, unggul tiga poin dari Barcelona di posisi dua. Selain itu, Atletico menjadi klub non Barcelona-Madrid pertama yang mampu menjuarai Liga Spanyol, sejak terakhir kali Valencia melakukannya pada 2003-2004.

3. Tim Nasional Yunani (Piala Eropa 2004)

(Foto: Sportskeeda)

Bersaing dengan beberapa Tim Nasional (Timnas) seperti erancis, Inggris, Republik Ceko dan tuan rumah Portugal, membuat Yunani menjadi tim yang tak diunggulkan pada Piala Eropa 2004. Terlebih Negeri Para Dewa tersebut bermain defensif.

Namun tak dapat disangkal, Timnas berjuluk Galanolefki itu akhirnya meraih titel perdana mereka di turnamen tertinggi antarnegara Eropa itu setelah menang 1-0 di partai puncak atas Portugal, berkat sundulan Angelos Charisteas pada menit ke-57.

Kemenangan Yunani membuat personel tuan rumah bersedih. Pemain seperti Cristiano Ronaldo, Deco, dan Luis Figo awalnya berupaya melakukan pembalasan dendam. Sebab di fase grup keduanya sempat bertemu dan Portugal saat itu juga kalah dengan skor 1-2.

2. Tim Nasional Denmark (Piala Eropa 1992)

(Foto: Sportskeeda)

Tim Nasional (Timnas) Denmark menggebrak Piala Eropa dengan meraih gelar juara pada 1992. Laga yang diselenggarakan di Swedia tersebut merupakan hal yang sangat mengejutkan, lantaran Tim Dinamit –julukan Timnas Denmark– tidak seharusnya berada dalam kompetisi itu.

Sebenarnya mereka tidak lolos kualifikasi Piala Eropa, namun rezeki berpihak kepada mereka. Saat itu status Yugoslavia dibekukan FIFA. Alhasil, posisi negara asal Eropa Timur itu digantikan Denmark. Sekadar informasi saat pengumuman, skuad Denmark sedang menjalani liburan musim panas. Meski terkesan dadakan, Denmark justru juara setelah di final mengalahkan Jerman 2-0.

1. Leicester City (Liga Inggris 2015-2016)

(Foto: REUTERS/Andrew Boyers)

Tidak ada yang menyangka Leicester City keluar sebagai juara Liga Inggris 2015-2016. Bermaterikan pemain seadanya, Jamie Vardy dan kawan-kawan mengungguli klub-klub mapan macam Arsenal, Chelsea, Liverpool, hingga duo Manchester.

Di akhir klasemen, Leicester mengoleksi 81 angka. Tim asuhan Claudio Ranieri itu unggul 10 angka dari Arsenal di posisi dua.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini