Image

Statuta PSSI Alami 5 Perubahan

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 15:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 13 51 1844497 statuta-pssi-alami-5-perubahan-ysV3B4zUHu.jpg Suasana Kongres Tahunan PSSI. (Foto: Djanti Virantika/Okezone)

TANGERANG - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali menggelar kongres tahunan pada Sabtu (13/1/2018), di Nusantara Hall, ICE BSD, Tangerang. Dalam kongres kali ini, PSSI mengagendakan beberapa hal, salah satunya mengevaluasi statuta.

PSSI pun akhirnya memutuskan untuk mengubah lima hal yang terdapat dalam statuta. Amandemen statuta ini dipaparkan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Perubahan pertama adalah terkait hierarki organisasi. PSSI memutuskan untuk tidak lagi menggunakan istilah asosiasi kabupaten atau ‘Askab’ serta asosiasi kota atau ‘Askot’ seperti yang terdapat pada Pasal 2 Statuta PSSI.

Kedua, perubahan dilakukan terkait badan hukum anggota PSSI. Joko menegaskan klub-klub harus memiliki badan hukum yang terafiliasi dengan PSSI.

BACA JUGA: Kongres PSSI 2018 Resmi Dibuka Ketua Umum Edy Rahmayadi

Ketiga, perubahan mencakup lembaga pengembangan sepakbola. PSSI menilai perkembangan sepakbola dapat dilakukan dalam berbagai hal, tidak hanya pada asosiasi provinsi (asprov) dan klub. Karena itu, PSSI akan menambahkan satu pasal dalam lembaga yang terafiliasi.

Keempat, hal yang juga mengalami perubahan adalah struktur voter. PSSI akan menambahkan jumlah voter pada tahun ini.

“Voter ditetapkan menjadi 18 klub dari Liga 1, 16 klub dari Liga 2, 16 klub dari Liga 3, delapan klub dari Liga 4, dan ada rancangan 34 lembaga dari asprov serta asosiasi futsal, sepakbola wanita, pelatih, dan wasit,” ujar Joko, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/1/2018).

Terakhir, perubahan mencakup jumlah komite tetap. Jumlah komite tetap mengalami pengurangan, dari 17 menjadi 12.

Keputusan ini dinyatakan sah karena telah disetujui oleh 93 voter. Jumlah ini sudah memenuhi kuorum dari total 106 voter yang berasal dari ISL, Divisi Utama, Divisi 1, Liga Nusantara, dan asosiasi lain.

"Total 93 peserta, ditambah FFI (Federasi Futsal Indonesia). Jadi dinyatakan kuorum," tukas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini