Indonesia Selection Tertinggal 0-1 dari Islandia di Babak Pertama

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 19:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 51 1843691 indonesia-selection-tertinggal-0-1-dari-islandia-di-babak-pertama-3Mf1Uijv0y.jpg Timnas Islandia Berlatih (Foto: Antara)

YOGYAKARTA – Timnas Indonesia Selection harus tertinggal 0-1 dari Timnas Islandia di babak pertama laga persahabatan. Sepanjang babak pertama berlangsung, Islandia terus menggempur wilayah pertahanan Indonesia. Namun, apresiasi patut diberikan kepada penjaga gawang Indonesia, Rifky Mokodompit, yang tampil gemilang dengan menggagalkan sejumlah peluang, termasuk di antaranya eksekusi penalti.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai dengan serangan yang dibangun oleh Timnas Islandia. Adalah Arnor Traustasson pada menit pertama yang mencoba merangsek ke wilayah pertahanan Indonesia. Namun, upaya tersebut masih bisa digagalkan.

Gagal pada serangan pertama, membuat Islandia semakin gencar melancarkan tekanan-tekanan berikutnya. Pada menit kedelapan, tim yang bakal berlaga di Piala Dunia untuk pertama kali itu kembali mendapat peluang emas. Kali ini dari Holmar Eyjolfsson yang menyambar bola crossing. Namun, usaha tersebut masih belum berujung gol karena bola masih membentur pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-13, Islandia sebenarnya memiliki peluang besar membuka keunggulannya. Berawal dari kesalahan Tony Sucipto yang melanggar Albert Gudmundsson, wasit pun lekas menunjuk titik putih. Kendati begitu, eksekusi penalti Islandia masih bisa ditepis dengan gemilang oleh Rifky Mokodompit.

Tak ingin melulu diserang, Indonesia perlahan tapi pasti mulai bisa memasuki wilayah pertahanan Islandia. Seperti yang terjadi pada menit ke-22 kala skuad asuhan Robert Rene itu mulai membangun serangan, meski pada akhirnya belum membahayakan pertahanan tim tamu.

Memasuki menit ke-30, Timnas Islandia pada akhirnya mengungguli Indonesia. Berawal dari Albert Gudmunsson yang mencoba memberikan umpan silang ke jantung pertahanan Indonesia. Bola langsung diblok oleh Maman Abdurrahman.

Kendati begitu, bola justru memantul kea rah gawang yang mana sebenarnya dapat dihalau oleh Rifky Mokodompit. Namun, bola tepisan Rifky lekas disambar oleh Andre Bjarnasson melalui tendangan akrobatiknya, Bola pun meluncur ke dalam gawang Indonesia. Skor 1-0 untuk keunggulan Islandia.

Tak puas dengan satu gol, Islandia terus menggempur pertahanan Indonesia. Pada menit ke-36, Bjarnasson mencoba mencetak gol keduanya di laga ini. Namun, tembakan mendatar dari Bjarnasson masih menyamping di sisi kanan gawang Indonesia.

Pada menit ke-44, Indonesia mencoba membahayakan gawang Islandia melalui serangan balik cepat. Namun, upaya itu masih gagal lantaran umpan terobosan yang dilakukan pemain Indonesia tidak menemui target dengan baik. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 menjadi kunggulan untuk Islandia.

Susunan Pemain

Indonesia Selection: Rifky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Maman Abdurrahman, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Ahmad Bustomi, Manahati Lestusen, Paulo Sitanggang; Bayu Gatra, Risky Pora, Bambang P

Pelatih: Robert Rene

Islandia: F. Schram; Hermansson, Skulason, V. Jonsson, A.Traustasson, Boovarson, Eyjolfsson, A. Gudmunsson, Bjarnasson, S. Jonsson, M. Anderson

Pelatih: Heimir Hallgrimsson

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini