5 Pembajakan Transfer Pesepakbola Paling Bersejarah, Nomor 1 Paling Rumit

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 10:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 51 1843328 5-pembajakan-transfer-pesepakbola-paling-bersejarah-nomor-1-paling-rumit-GGhswGIGZz.jpg Willian (paling kanan) hampir gabung Tottenham. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

BURSA transfer selalu dijadikan setiap klub sebagai sarana untuk memperkuat tim. Tak jarang sebelum bursa transfer benar-benar dibuka, setiap tim sudah melakukan gerilya untuk mendatangkan pemain incaran.

Dengan begitu saat bursa transfer dibuka, tim tersebut sudah mendapatkan pemain yang diinginkan. Akan tetapi, tak jarang sebuah klub yang sudah melakukan pendekatan intens, justru gagal mendapatkan pemain yang diingini.

Menjadi ironis karena pemain incaran itu justru lepas dari genggaman karena dibajak klub lain. Kali ini Okezone akan membahas pembajakan transfer pesepakbola paling bersejarah, mengutip dari Sportskeeda:

5. Willian Borges

(Foto: REUTERS/Carl Recine)

Pada bursa transfer musim panas 2013, Tottenham Hotspur memiliki dana berlimpah setelah menjual Gareth Bale ke Real Madrid. Untuk menggantikan Bale, The Liywhites –julukan Tottenham– berupaya mendatangkan winger Anzhi Makhackala, Willian Borges.

Pada 21 Agustus 2013, Willian menjalani tes medis di White Hart Lane yang merupakan markas Tottenham. Mendengar Willian menjalani tes medis, Chelsea melakukan langkah cepat. Pemilik Chelsea Roman Abramovich langsung mengontak pemilik Anzhi, Suleyman Kerimov, yang notabene teman dekatnya.

Chelsea pun menebus Willian dengan mahar 31,95 juta pounds atau sekira Rp580 miliar. Saat itu, Abramovich mengatakan Tottenham seharusnya merahasiakan tes medis Willian agar mereka tak tahu gerak-gerik klub asal London Utara tersebut.

4. Mohamed Salah

(Foto: AFP/Glyn Kirk)

Salah tampil brilan bersama FC Basel di musim 2013-2014. Hal itu membuat Liverpool tertarik mendatangkan winger berpaspor Mesir itu pada bursa transfer Januari 2014 untuk membantu tim menjuarai Liga Inggris 2013-2014.

Namun, karena Liverpool agak ragu untuk mendatangkan Salah, Chelsea pun datang menyalip. Chelsea menebus Salah dengan biaya 16,5 juta euro atau setara Rp265 miliar.

Namun, Salah tampil minor bersama Chelsea dengan hanya mengemas dua gol dari 19 penampilan. Singkat kata, Salah akhirnya dibeli Liverpool pada bursa transfer musim panas 2017. Ia tampil luar biasa dengan koleksi 23 gol dari 29 penampilan bersama Liverpool musim ini.

3. Robinho

(Foto: AFP/Ian Kington)

Setelah tiga musim membela Real Madrid, Robinho ingin melanjutkan karier bersama klub asal London, Chelsea. Karena itu, Madrid mengizinkan perwakilan Robinho untuk melakukan negosiasi terhadap kubu The Blues –julukan Chelsea.

Namun, Manchester City yang baru saja diambil alih taipan asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour, membuat gebrakan. Mereka berani menebus Robinho dengan biaya 32,5 juta pounds atau sekira Rp590 miliar. Alhasil, Robinho pun melanjutkan karier bersama The Citizens –julukan Man City.

2. Paul Gascoigne

(Foto: AFP)

Gascoigne merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia pada masanya. Pada musim panas 1988, Manchester United, Tottenham Hotspur dan Liverpool bersaing mendapatkan Gascoigne yang bermain bersama Newcastle United.

Man United sempat berada di garda terdepan untuk mendapatkan Gazza –sapaan akrab Gascoigne. Pelatih Man United Sir Alex Ferguson sudah melakukan negosiasi dengan Gazza dan pemain yang bersangkutan sudah setuju secara verbal untuk merapat ke Stadion Old Trafford.

Namun, Tottenham datang menyalip. Mereka bersedia memenuhi semua permintaan Gazza, termasuk memberikan rumah bagi keluarganya. Man United dan Ferguson pun harus gigit jari setelah melihat pemain incaran hengkang ke Tottenham.

1. John Obi Mikel

(Foto: AFP/Heinz Peter Bader)

Pada April 2005 atau beberapa hari setelah Mikel berusia 18 tahun, Man United mengonfirmasi telah mendapatkan jasa pesepakbola yang saat itu bermain bersama klub asal Norwegia, FK Lynn. Namun, beberapa hari berselang Chelsea juga mengonfirmasi telah mendapatkan persetujuan dari agen Obi Mikel.

Akhirnya, proses transfer Mikel harus diselesaikan di FIFA. Usut punya usut, Mikel mendapat paksaan untuk menandatangani kontrak bersama Man United. Alhasil, Chelsea yang mendapatkan gelandang berpaspor Nigeria tersebut. Namun, Chelsea harus membayar kompensasi ke Man United, perihal uang yang telah diberikan Setan Merah ke FK Lynn.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini