nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inter Milan Spesialis Penjual Calon Pemain Bintang

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 47 1843473 inter-milan-spesialis-penjual-calon-pemain-bintang-zLVF39vFf4.jpg Coutinho saat membela Inter Milan. (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)

MILAN – Inter Milan bisa dibilang klub spesialis penjual calon pemain bintang. Ketika membela Inter, seorang pemain tampil standar hingga akhirnya dijual. Namun, bersama klub anyarnya, pemain tersebut tampil luar biasa hingga meroket menjadi salah satu pemain terbaik dunia pada masanya.

Terbaru ialah transfer Philippe Coutinho. Inter menjual gelandang berpaspor Brasil itu ke Liverpool pada bursa transfer musim dingin 2013 dengan biaya 13 juta euro atau sekira Rp208 miliar. Saat itu, Coutinho dinilai tak menjanjikan setelah hanya mencetak lima gol dan empat assist dari 47 penampilan.

Namun, bersama Liverpool Coutinho tampil luar biasa. Setelah melalui 201 penampilan, Coutinho mengemas 54 gol dan 46 assist. Performa itu pun membuat Coutinho diboyong Barcelona pada bursa transfer kali ini dengan harga fantastis, 142 juta pounds atau setara Rp2,58 triliun!

BACA JUGA: Coutinho Ungkap Kesulitan Bangun Karier di Inter Milan

Jauh sebelum Coutinho, Inter pernah melepas Pirlo ke AC Milan pada musim panas 2001. Selama membela Inter, Pirlo hanya mencatatkan satu assist dari 38 penampilan. Akan tetapi bersama Milan, setelah mengalami perubahan posisi dari trequartista menjadi regista, Pirlo tumbuh menjadi salah satu pemain terbaik di posisinya.

Selama 10 tahun membela Milan, Pirlo mengemas 41 gol dan 45 assist dari 410 penampilan. Selain itu, Pirlo juga memberikan beragam trofi prestisius bagi Milan. Mulai dari Liga Italia, Liga Champions, Coppa Italia hingga Piala Dunia Klub. Tak sampai di situ, Pirlo juga berandil besar saat Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

BACA JUGA: Winger Barcelona Merapat ke Inter Milan

Sebelumnya pada musim panas 1996, Inter menjual Roberto Carlos ke Real Madrid. Carlos hanya satu musim membela Inter (1995-1996). Namun, bersama Madrid Carlos berkembang sebagai salah satu fullback terbaik di dunia. Selama 11 tahun membela Madrid, Carlos mentas di 523 penampilan dengan koleksi 69 gol dan 47 assist.

Selain itu, Carlos juga memberikan empat trofi Liga Spanyol dan tiga gelar Liga Champions bagi publik Santiago Bernabeu. Melihat sederet nama di atas, tak salah menyebut Inter sebagai klub spesialis penjual calon pemain bintang.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini