5 Pemain yang Mungkin Gantikan Suarez di Barcelona, Nomor 2 Penyerang Man United

Nyimas Ayu Triana Yustri, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 51 1843039 5-pemain-yang-mungkin-gantikan-suarez-di-barcelona-nomor-2-penyerang-man-united-RL8rqdmAKn.jpg Usia Suarez sudah tidak muda lagi. (Foto: REUTERS/Heino Kalis)

LUIS Suarez didatangkan Barcelona dari Liverpool pada musim panas 2014. Untuk mendatangkan Suarez, Barcelona mengeluarkan 64,98 juta atau senilai Rp1,18 triliun. Kedatangan Suarez pun membuat pelatih Barcelona saat itu, Luis Enrique, bisa membentuk trio maut. Tridente itu berisikan Lionel Messi, Suarez dan Neymar Jr, atau biasa disebut trio MSN.

Trio itu menghasilkan trofi bergengsi bagi Barcelona seperti Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa hingga Piala Dunia Klub. Meski bermain bersama pemain sekelas Messi dan Neymar, El Pistolero –julukan Suarez – sama sekali tak minder. Suarez mampu mengemas 132 gol dari 172 penampilan. Bahkan di Liga Spanyol 2015-2016 Suarez keluar sebagai top skor dengan koleksi 40 gol, mengungguli Messi dan Cristiano Ronaldo.

Namun, tenaga Suarez tak bisa terus diandalkan Barcelona. Sebab usia ayah dua anak tersebut sudah menginjak 30 tahun. Cepat atau lambat ketajaman Suarez tentu akan menurun karena faktor usia. Karena itu, Barcelona wajib segera mencari pengganti sepadan bagi Suarez.

Berikut 5 Pemain yang mungkin gantikan Suarez di Barcelona, mengutip dari Sportskeeda:

5. Julian Brandt (Bayer Leverkusen, Jerman)

(Foto: AFP/Patrik Stollarz)

Sejak menjalani debut pada 2014, Brandt disebut-sebut bintang yang sedang naik daun bersama Leverkusen. Hingga kini, pesepakbola berusia 21 tahun itu telah mengantongi 25 gol dan 32 assist untuk Die Werkself - julukan Leverkusen- di semua kompetisi.

Dapat tampil di dua posisi, yakni second striker serta sayap kanan dan kiri membuat ia percaya diri bila ditarik Barcelona. Selain itu, Brandt juga andal dalam menggiring bola.

Namun, ada kemungkinan Brandt tidak bisa menggantikan Suarez. Lantaran banyak bintang lain yang lebih tangguh dari Brandt. Hal itu sedikit memberi tekanan bagi pemain muda ini. Saat ini Harga pasar Brandt cukup tinggi, yakni 55 juta pounds atau berkisar Rp1 triliun.

4. Maximilian Philipp (Borussia Dortmund, Jerman)

(Foto: AFP/Daniel Roland)

Meski belum mengecap 100 penampilan bersama SC Freiburg, Philipp sudah dibeli Borussia Dortmund dalam sebuah kesepakatan sebesar 20 juta pounds atau sekira Rp 364 miliar. Hal itu mengisyaratkan Philipp adalah pemain istimewa.

Dengan kemampuan menyerang dan berperan di posisi sayap, ia termasuk pemain yang tangkas dalam membantu tim keluar dari tekanan lawan. Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, bersedia membayar dengan harga tinggi untuk pria 23 tahun itu.

Belum semusim membela Dortmund, Philipp tampil moncer. Dari 17 pertandingan di semua ajang, mantan pemain andalan Timnas Jerman U-21 itu mengemas enam gol dan lima assist. Kelebihan yang dimiliki Philipp, ia tak hanya fasih bermain sebagai winger, namun juga andal saat ditempatkan di pos penyerang tengah.

3. Iker Muniain (Athletic Bilbao, Spanyol)

(Foto: Sakkides Savides/AFP)

Muniain merasa dirinya mampu melebihi prestasi yang sudah dicapai di San Mames –markas Bilbao. Ia ingin bermain reguler di klub besar seperti Barcelona. Hal itu agar dirinya dapat dipanggil Timnas Spanyol.

Meski jam tayang Muniain belum setara dengan Suarez, namun ia mampu berusaha lebih efektif lagi. Untuk mencetak gol memang bukan aset terkuat bagi Muniain, karena ia lebih fokus ke posisi sayap. Namun, jika nantinya ia menggantikan Suarez sebagai striker, Munian mesti meningkatkan kemampuannya untuk mencetak gol.

2. Anthony Martial (Manchester United, Prancis)

(Foto: REUTERS/Phil Noble)

Barcelona juga mengincar striker Manchester United, Anthony Martial. Pasalnya, Martial sudah tak betah bersama Man United racikan Jose Mourinho. Ia menginginkan hengkang ke lingkungan lain dan kemungkinan besar pilihan pertamanya yakni Barcelona.

Di awal musim 2017-2018, Martial tampil cantik bersama Man United. Dia sudah mencetak sembilan gol dan delapan assist dari 30 penampilan di semua kompetisi. Namun, Martial diyakini tidak bahagia di Old Trafford karena ia tidak menjadi pemain utama. Pria asal Prancis itu lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti.

1. Gabriel Jesus (Manchester City, Brasil)

(Foto: AFP/Paul Ellis)

Jesus adalah pemain termuda dalam daftar ini. Di usianya yang baru 20 tahun, ia mampu membuktikan kemampuan sehingga dapat meraih prestasi dalam waktu singkat, baik bersama Man City dan Timnas Brasil.

Ketika baru tiba di Inggris pada 2017, pakar Euro-sentris berpendapat Jesus tak bisa beradaptasi dengan kehidupan di Eropa. Namun, pada akhirnya Jesus yang murah senyum dengan membuktikan bahwa perkataan di atas tidaklah benar. Terbukti Jesus telah mengemas 17 gol dari 38 penampilan bersama Man City di Liga Inggris.

Dengan demikian, ia dinilai cocok dan mampu bersaing merebut posisi Suarez. Meski begitu seperti yang sudah-sudah, sulit melihat Man City melepas pemain andalannya ke tim lain.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini