Image

Wasit di Liga Italia Nyaman Gunakan Teknologi VAR

Nanda Karlita, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017, 20:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 20 47 1833553 wasit-di-liga-italia-nyaman-gunakan-teknologi-var-399udtGpRW.jpg Ilustrasi saat wasit melihat rekaman di teknologi VAR (Foto: AFP)

ROMA – Wasit yang berkiprah di Liga Italia, Gianluca Rocchi, menyambut baik percobaan penggunaan Video Assistant Referee (VAR). Baru diujicobakan pada awal musim 2017-2018, Rocchi mengaku teknologi tersebut benar-benar positif.

Rocchi menegaskan bahwa hal itu sangat membantu kinerja wasit dalam mengambil sebuah keputusan. Bahkan dengan adanya teknologi VAR, para wasit bisa memberikan kontrol yang sangat baik sebelum memutuskan suatu hukuman di lapangan.

Meski demikian, Rocchi mengakui bahwa para pengadil lapangan masih harus beradaptasi dengan teknologi tersebut. Bahkan teknologi tersebut diakui oleh Rocchi tidak bisa menghilangkan sebuah kontroversi yang kerap terjadi di sepakbola.

Sebab menurut wasit kelahiran Italia itu, kontroversi dalam sepakbola merupakan hal yang lumrah. Namun, Rocchi menegaskan bahwa teknologi VAR sangat membantu kinerja wasit khususnya di Liga Italia yang sering terdapat banyak kontroversi.

“Apakah VAR perlu dibicarakan lagi untuk digunakan? Memang benar kontroversi selalu muncul tergantung bagaimana interpretasi. Teknologi menjadi bagian  penting dari sepak bola di mana wasit yang menonton video itu seperti seseorang yang tengah melakukan kontrol. Oleh karena itu, kami sangat tepat untuk belajar mengenai hal ini,” ujar Rocchi, mengutip dari Football Italia, Rabu (20/12/2017).

“Tapi kami tidak pernah berpikir bahwa (dengan teknologi VAR) kontroversi akan berakhir. Itu bukan sepakbola dan kontroversi adalah ‘budaya’ dan bagian dari olahraga. Ini momen yang menentukan bagi liga kami. Ini benar-benar positif. Jelas kami pada tahap tumbuh gigi yang selalu melibatkan sedikit kesulitan sebelum akhirnya kami lebih berpengalaman menggunakannya,” tambah Rocchi.

“Kesalahan biasanya memang terjadi. Jelas kami bekerja sehingga mereka terjadi secara minimal. Kami mulai dari nol dan cepat mendapatkan standard yang baik. Pengalaman kami adalah hal yang baru. Mereka berasal dari beberapa kesalahan penilain namun pertumbuhan pasti akan memiliki harga yang baik,” tutupnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini