Share

5 Kandidat Terdepan Peraih Sepatu Emas Eropa 2017-2018, Nomor 4 Kejutan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 14 51 1830492 5-kandidat-terdepan-peraih-sepatu-emas-eropa-2017-2018-nomor-4-kejutan-iCwgVqtdcX.jpg Lionel Messi (AFP)

SELAIN trofi Ballon d’Or, pengahrgaan Sepatu Emas Eropa juga menjadi salah satu penghargaan yang prestisius di dunia sepakbola. Pasalnya, penghargaan tersebut hanya diberikan kepada pesepakbola yang mampu mencetak gol terbanyak (top skor), setelah melalui proses seleksi yang ketat.

Penghargaan ini sebenarnya terbuka bagi semua pemain yang berlaga di negara yang ada di Eropa. Para kandidat nantinya adalah yang mampu menjadi top skor di liga domestik masing-masing negara.  Namun begitu, terdapat sebuah perhitungan poin, yang meliputi faktor 1 dan faktor 2.

Faktor 2 merupakan negara-negara yang masuk dalam jajaran lima liga top Eropa, yakni meliputi Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, dan Prancis. Jadi, jumlah gol yang dicetak oleh top skor di liga tersebut akan dikalikan 2 untuk mencari nilai poin masing-masing pemain. Namun, jumlah gol yang masuk hitungan adalah jumlah gol yang dicetak di liga domestik saja, tidak berlaku untuk Liga Champions, Liga Eropa, atau turnamen lainnya semisal Coppa Italia, Copa del Rey, atau Piala FA.

Menjelang berakhirnya paruh pertama kompetisi Eropa, masing-masing liga telah memiliki kandidat kuat untuk menjadi top skor mereka. Berikut adalah lima pemain yang berpotensi besar meraih trofi Sepatu Emas Eropa 2017-2018 bila melihat jumlah gol saat ini di liga domestik.

5. Lionel Messi

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, disinyalir masih akan menjadi penantang kuat perebut trofi Sepatu Emas Eropa 2017-2018. Pasalnya, sejauh ini pemain berjuluk La Pulga itu telah mengemas 14 gol di Liga Spanyol.

Messi tentunya ingin mempertahankan trofi yang musim lalu diraihnya tersebut. Musim lalu, pemain asal Argentina itu mencetak 37 gol di Liga Spanyol dan menjadi top skor. Jumlah 37 gol tersebut dikalikan dengan faktor 2 yang dimiliki Liga Spanyol sehingga perolehan poin Messi pun menjadi 74 dan menjadi yang terbanyak.

Perolehan saat ini:

Jumlah gol: 14

Faktor: 2

Total Poin: 28

4. Igor Angulo

Meski bermain di klub yang berasal dari Polandia, Gornik Zabrze, namun hal itu nyatanya tak membuat Igor Angulo melewatkan persaingan merebut trofi Sepatu Emas Eropa 2017-2018. Pasalnya, saat ini Angulo telah mencetak 19 gol di Liga Polandia.

Selain mencetak 19 gol, Angulo juga membawa Zabrze turut meramaikan persaingan untuk menjadi juara Liga Poalndia musim ini. Zabrze saat ini menduduki peringkat kedua klasemen Liga Polandia, terpaut dua angka dari Legia Warszawa yang menjadi pemuncak klasemen

Perolehan saat ini:

Jumlah gol: 19

Faktor: 1,5

Total Poin: 28,5

3. Ciro Immobile

Sejauh ini, terdapat stigma di dunia sepakbola bahwa Liga Italia merupakan liga yang membosankan. Terkenal dengan pertahanan tim-timnya yang solid, membuat banyak orang berpikir bahwa di Liga Italia hanya akan ada sedikit gol yang tercipta.

Namun begitu, di musim ini Liga Italia justru hadir dengan kejutan, di mana striker Lazio, Ciro Immobile, menjadi salah satunya. Sempat diragukan tampil trengginas, Immobile justru menunjukkan kegarangannya di musim ini. Tercatat 15 gol telah dibukukannya musim ini di Liga Italia.

Perolehan saat ini:

Jumlah gol: 15

Faktor: 2

Total Poin: 30

2. Mauro Icardi

Selain nama Immobile, Liga Italia juga menghadirkan striker Inter Milan, Mauro Icardi, sebagai salah satu kandidat kuat peraih trofi Sepatu Emas Eropa 2017-2018. Sejauh ini, striker berkebangsaan Argentina itu telah mencetak 16 gol.

Keganasan Icardi tersebut pun turut membawa Inter memuncaki klasemen Liga Italia saat ini, setelah sempat terpuruk di musim lalu dengan hanya finis di posisi ketujuh. Tak ayal, Icardi pun kini menjadi salah satu striker yang menjadi bidikan sejumlah klub elite Eropa.

Perolehan saat ini:

Jumlah gol: 16

Faktor: 2

Total Poin: 32

1. Edinson Cavani

Diboyongnya Neymar da Silva dan Kylian Mbappe pada bursa transfer musim panas 2017, membuat lini serang Paris Saint-Germain (PSG) menjadi salah satu yang paling mematikan saat ini. Semakin banyak menciptakan peluang, membuat striker mereka, Edinson Cavani, semakin trengginas membobol gawang lawan.

Sejauh ini, Cavani telah membukukan 17 gol di pentas Liga Prancis. Striker berkebangsaan Uruguay itu unggul tiga gol atas striker AS Monaco, Radamel Falcao, yang menempati posisi kedua papan klasemen top skor sementara Liga Prancis.

Perolehan saat ini:

Jumlah gol: 17

Faktor: 2

Total Poin: 34

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini