nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gagal Pakai Skema 3 Bek, AC Milan Bakal Kembali Terapkan 4-3-3

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 10 Desember 2017 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 10 47 1828012 gagal-pakai-skema-3-bek-ac-milan-bakal-kembali-terapkan-4-3-3-kNS6W8QvYv.jpg Para pemain AC Milan (Foto: AFP)

MILAN – Belanja besar yang dilakukan AC Milan pada bursa transfer musim panas 2017 nampaknya sia-sia, mengingat performa klub berjuluk Il Diavolo Rosso itu justru kini lebih buruk dibandingkan musim lalu. Pasalnya, kini Milan terjerembab di posisi kesembilan klasemen Liga Italia dengan koleksi 21 poin.

Dari 15 laga yang telah dijalani musim ini di liga domestik, Milan menelan enam kali kekalahan dan kebobolan sebanyak 20 kali. Jumlah tersebut tentu menjadi ironi, mengingat barisan belakang Milan di musim ini terbilang mewah.

(Baca juga: Gattuso Mengaku Masih Terkejut Ditunjuk sebagai Pelatih Milan)

Pada awal musim, Milan sebenarnya cukup tampil mengesankan dengan memetik empat kemenangan dari lima laga pertama. Namun begitu, semenjak mereka berganti formasi ke skema tiga bek, performa Milan justru mengalami penurunan.

Selama ini, bahkan hingga musim lalu, Milan selalu dikenal sebagai tim yang menerapkan skema empat bek dalam formasinya. Namun, hadirnya bek tengah dengan kualitas luar biasa seperti Leonardo Bonucci ditambah dengan Mateo Musacchio serta Alessio Romagnoli, membuat pelatih Milan kala itu, Vincenzo Montella, berpikir untuk mencoba menerapkan skema tiga bek.

Kendati begitu, hasil yang didapatkan ternyata berbanding terbalik dengan apa yang diharapkan. Pertahanan Milan kerap kelimpungan ketika mendapat serangan balik cepat dari lawan-lawan mereka. Tak ayal, Gianluigi Donnarumma pun seolah menjadi tak berdaya dengan rapuhnya lini pertahanan Milan yang terlihat tak dapat berkoordinasi dengan baik.

Menggantikan posisi Montella, Gennaro Gattuso pun tetap menerapkan skema tiga bek pada dua pertandingan yang telah dilaluinya bersama Milan. Sama seperti sebelumnya, Giacomo Bonaventura dan kolega kembali menuai hasil minor, di mana satu laga berakhir imbang dan yang satunya lagi kekalahan. Hal itu kini membuat Gattuso berpikir ulang untuk kembali menerapkan formasi 4-3-3.

“4-3-3? Ya, lihat saja. Kami merasa dengan skema tiga bek mekanisme tidak berjalan baik. Kami harus mengubah sesuatu agar para pemain bisa mengekspresikan diri dengan lebih baik. Saya memiliki rasa hormat yang besar terhadap Montella dan staff-nya, namun untuk bermain sepakbola saya ingin kami harus berubah,” ujar Gattuso, menukil dari Calciomercato, Minggu (10/12/2017).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini