Image

3 Manajer yang Bisa Gantikan Jurgen Klopp, Nomor 2 Bawa Madrid Juara Liga Champions

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 15:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 08 45 1827352 3-manajer-yang-bisa-gantikan-jurgen-klopp-nomor-2-bawa-madrid-juara-liga-champions-O4QGzGwxAv.jpg Jurgen Klopp (Foto: AFP)

MESKI berstatus sebagai salah satu klub besar di Liga Inggris, namun pencapaian Liverpool dalam beberapa tahun terakhir seolah berjalan di tempat alias tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, klub berjuluk The Reds itu tercatat terakhir kali memenangkan gelar juara liga domestik adalah pada musim kompetisi 1989-1990.

Liverpool sebenarnya hampir menjadi juara Liga Inggris di musim 2013-2014 kala diasuh oleh Brendan Rodgers. Namun sialnya, di pengujung musim Steven Gerrard dan kolega terpeleset sehingga harus merelakan gelar tersebut jatuh ke tangan Manchester City.

Sejak musim tersebut hingga saat ini, Liverpool belum lagi hadir sebagai kandidat kuat perebut gelar juara Liga Inggris. Ditangani oleh Jurgen Klopp sejak 2015, prestasi Liverpool sebenarnya dapat dikatakan tidak terlalu buruk, namun hal itu belum cukup untuk membawa Philippe Coutinho dan kolega menjadi yang terbaik di Inggris.

Posisi Klopp pun kini tengah berada di ujung tanduk. Meski saat ini Klopp telah berhasil membawa Liverpool lolos ke babak 16 besar Liga Champions, namun beberapa nama manajer anyar telah berseliweran untuk menggantikan posisinya.

Berikut adalah tiga manajer yang bisa menggantikan Klopp di Liverpool:

3. Thomas Tuchel

Nama Thomas Tuchel ramai disebut-sebut sebagai calon pengganti Jurgen Klopp di Liverpool usai dirinya didepak dari Borussia Dortmund pada akhir musim lalu. Bila hal ini benar terwujud, maka Klopp harus bersiap sakit hati dua kali karena dirinya juga kehilangan pekerjaan di Dortmund lantaran manajemen Die Borussen lebih memilih Tuchel.

Tuchel dipecat Dortmund lantaran gagal membawa mereka menyaingi Bayern Munich musim lalu. Meski pelatih asal Jerman itu telah mempersemabhkan trofi DFB Pokal, namun hal itu masih belum cukup untuk menyenangkan hati pihak manajemen. Namun begitu, kehadiran Tuchel disinyalir mampu menajdi angin segar untuk mendongkrak prestasi Liverpool.

2. Carlo Ancelotti

Didepaknya Carlo Ancelotti dari kursi pelatih Bayern Munich membuat pria berkebangsaan Italia itu kini menjadi pelatih paling diburu. Pasalnya, banyak klub yang menginginkan Ancelotti untuk menjadi pelatih mereka.

Selain memiliki banyak pengalaman, nama Ancelotti juga seolah merupakan jaminan bagi suatu klub mendapatkan gelar juara. Di ajang Liga Champions, Ancelotti telah tiga kali mengangkat trofi si Kuping Besar, dua di antaranya bersama AC Milan dan satu lainnya bersama Madrid.

Ancelotti disebut sebagai sosok paling ideal untuk menangani Liverpool saat ini. Pasalnya, pria yang kini berusia 58 tahun itu telah memiliki pengalaman di Liga Inggris kala menukangi Chelsea. Bahkan Ancelotti juga mempersembahkan gelar juara Liga Inggris bagi Chelsea di musim 2009-2010.

1. Luis Enrique

Berbeda dari dua nama lainnya yang saat ini menganggur lantaran didepak oleh manajemen klub, Luis Enrique merupakan pelatih yang lebih memilih untuk sementara waktu beristirahat dari dunia sepakbola. Tidak tahu pasti apa yang menyebabkan Enrique ingin rehat dari dunia sepakbola.

Hingga saat ini, pelatih berkebangsaan Spanyol itu dikabarkan masih tidak terikat oleh klub mana pun. Namun, kesuksesannya bersama Barcelona kala membawa Blaugrana merebut treble winner pada 2014-2015 membuatnya menjadi pelatih yang kini dibidik banyak klub, termasuk di antaranya adalah Liverpool.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini