Image

Kanchelskis: Permainan Manchester City seperti Man United di Era Ferguson

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 08 45 1827238 kanchelskis-permainan-manchester-city-seperti-man-united-di-era-ferguson-tHl1ClddkR.jpg Sane dan Aguero, pemain andalan Man City. (Foto: AFP/Oli Scarff)

MOSKOW – Mantan winger Manchester United, Andrei Kanchelskis, mengkiritik gaya permainan eks timnya di bawah arahan Jose Mourinho. Eks pesepakbola Tim Nasional (Timnas) Rusia itu menilai, permainan Man United saat ini sangat monoton dan tidak sedap dipandang.

Semenjak ditangani Mourinho per musim panas 2016, The Red Devils –julukan Man United– memang tampil terbuka saat bertemu tim-tim yang berada satu level di bawah mereka. Akan tetapi ketika bertemu tim selevel, plus tampil di kandang lawan, Manchester Merah kerap kali memeragakan strategi parkir bus.

Hal itu bertolak belakang ketika Man United dibesut Sir Alex Ferguson (1986-2013). Baik laga kandang maupun tandang, Fergie –sapaan akrab Ferguson– selalu menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil menyerang.

BACA JUGA: Manchester United Tak Diperkuat Pogba saat Hadapi Man City, Fernandinho: Mereka Miliki Pemain Lain

Saat itu, Fergie mengandalkan pola 4-4-2 dan menjadikan sayap sebagai pusat serangan. Namun di bawah arahan Mourinho, mengandalkan sayap tak dijadikan pilihan utama. Terbukti saat Man United mengalahkan CSKA Moskow 2-1 tengah pekan ini, Mou –sapaan akrab Mourinho– memainkan formasi 3-4-1-2.

Dengan formasi itu, hanya pemain di posisi wing back yang membangun serangan Setan Merah. Akan tetapi, fokus mereka pun terbelah karena juga harus membantu pertahanan. Karena itu, Kanchelskis justru memuji permainan Manchester City asuhan Josep Guardiola.

Pria berusia 48 tahun itu menilai, Man City yang musim ini mengandalkan winger sebagai pusat serangan tampil luar biasa. Terbukti, dua winger Man City yakni Leroy Sane dan Raheem Sterling sangat produktif di Liga Inggris 2017-2018.

BACA JUGA: Legenda Sebut Matic Bisa Jadi Penentu Keberhasilan Man United di Liga Inggris 2017-2018

Sterling telah mengemas sembilan gol, sedangkan Sane mencetak enam bola. Berkat itu juga, Man City saat ini kukuh di puncak klasemen hingga Liga Inggris 2017-2018 memasuki pekan dengan koleksi 43 angka, unggul delapan poin dari Man United di posisi dua.

“Di beberapa laga saya kecewa dengan permainan Man United. Permainan mereka saat ini tak seperti ketika ditangani Ferguson. Saat itu, kami selalu mengandalkan pemain sayap. Sekarang, Man City mengandalkan winger dan lihat berapa banyak gol yang mereka cetak saat ini,” kata Kanchelskis mengutip dari Daily Telegraph, Jumat (8/11/2017).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini