Image

5 Calon Kuat Peraih Trofi Ballon d'Or 2017, Nomor 1 Miliki Misi Khusus

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 15:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 51 1826738 5-calon-kuat-peraih-trofi-ballon-d-or-2017-nomor-1-miliki-misi-khusus-NxXqAIwHda.jpg Lionel Messi (AFP)

MALAM ini, tepatnya Kamis (7/12/2017) malam WIB akan dilangsungkan pengumuman terkait pemain yang bakal menggondol trofi Ballon d’Or 2017. Sejauh ini terdapat 30 nama pemain yang telah diumumkan oleh French Football  untuk menjadi nominasi.

Dari ke-30 pemain kelas dunia tersebut, tercatat terdapat lima nama yang digadang-gadang bakal menjadi kandidat terkuat meraih trofi Ballon d’Or musim ini. Nama-nama tersebut tentunya dipilih bukan tanpa alasan yang tidak jelas, melainkan dari prestasi yang telah ditorehkan kelimanya.

Berikut adalah lima calon kuat peraih trofi Ballon d’Or 2017:

5. Gianluigi Buffon

Tak ada yang menyangkal performa gemilang yang ditunjukkan penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, sepanjang musim 2016-2017. Berstatus sebagai kapten dan pemain paling veteran di klubnya, Buffon mampu memimpin rekan-rekannya tampil dominan dan menuju ke puncak.

Tercatat, penjaga gawang 39 tahun itu mengantarkan Juve memenangkan Liga Italia, Coppa Italia, serta menjejaki partai final Liga Champions 2016-2017. Bahkan, meski Juve melaju hingga ke partai puncak Liga Champions musim lalu, namun di ajang tersebut klub berjuluk La Vecchia Signora mencatatkan diri sebagai tim yang paling sedikit mengalami kebobolan.

4. Kevin De Bruyne

Harus diakui di bahwa di musim lalu Manchester City memang tampil kurang mengesankan. Klub berjuluk The Citizens itu harus terhenti langkahnya di ajang Liga Chmpions dan hanya finis di posisi ketiga klasemen akhir Liga Inggris.

Kendati demikian, apresiasi patut diberikan kepada gelandang mereka, Kevin De Bruyne. Pasalnya, karena penampilan cemerlangnya di paruh kedua kompetisi, gelandang asal Belgia itu mampu mendongkrak posisi Man City yang sempat tercecer di luar jajaran empat besar klasemen Liga Inggris. Selain itu, di musim ini De Bruyne juga menjadi dalang di balik gemilangnya performa Man City.

3. Neymar Da Silva

Pemain dengan kualitas dunia telah ditunjukkan oleh winger Paris-Saint Germain (PSG), Neymar da Silva. Pasalnya, di klub mana pun Neymar berlabuh, pria berkebangsaan Brasil itu selalu mampu membuat timnya menjadi disegani.

Di musim lalu, kala masih membela Barcelona, Neymar turut mempersembahkan klub berjuluk Blaugrana itu menjuarai Copa del Rey 2017. Sedangkan di musim ini kala dirinya sudah berseragam PSG, pria 25 tahun itu sejauh ini telah mengantarkan Les Parisiens memuncaki klasemen Liga Prancis dan menjadi juara Grup B Liga Champions 2017-2018.

2. Lionel Messi

Tentunya bukan rahasia lagi bahwa nama megabintang Barcelona, Lionel Messi, akan masuk dalam jajaran kandidat terkuat peraih trofi Ballon d’Or 2017. Meski telah menginjak usia 30 tahun, namun Messi terbukti mampu tampil cekatan dan memberikan sumbangsih besar bagi timnya.

Di musim lalu Barca memang mengalami sedikit kemunduran, karena gagal menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions. Namun, penampilan gemilang Messi mampu menyelamatkan Blaugrana meraih trofi Copa del Rey. Selain itu, Messi juga menjadi top skor Liga Spanyol dengan catatan 37 gol. Ditambah lagi, musim ini pemain berjuluk La Pulga itu juga tampil cemerlang dengan membawa El Barca memuncaki klasemen Liga Spanyol dan menjadi juara Grup D.

1. Cristiano Ronaldo

Dibandingkan dengan nama-nama lainnya, tak bisa dimungkiri bahwa megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, merupakan kandidat terkuat peraih trofi Ballon d’Or 2017. Meski di musim ini pemain berjuluk CR7 itu belum menunjukkan tajinya, namun di musim lalu Ronaldo bagaikan dewa penyelamat Madrid.

Di musim 2016-2017, Ronaldo memiliki peran vital untuk mengantarkan Madrid menjuarai Liga Spanyol dan mempertahankan gelar juara Liga Champions, yang mana hal itu merupakan sebuah catatan bersejarah. Ditambah lagi, di laga puncak Liga Champions, Ronaldo turut menyumbang dua gol untuk membantu timnya melumat Juventus dengan skor 4-1, di mana di musim tersebut Juve merupakan tim yang paling sedikit mengalami kebobolan.

Kegemilangan Ronaldo terus berlanjut kala dirinya juga ikut ambil bagian dalam kesuksesan Madrid merengkuh trofi Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol. Ronaldo tentunya memiliki misi untuk bisa menggondol trofi Ballon d’Or musim ini demi bisa menyamai torehan Lionel Messi. Sebelumnya, Ronaldo pun pernah mengatakan bahwa ia ingin memenangkan trofi Ballon d’Or sebanyak tujuh kali dan memiliki tujuh anak karena tujuh merupakan angka keberuntungannya.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini