Image

5 Bintang Liga Inggris yang Habis Kontrak Musim Panas 2018

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 16:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 45 1826791 5-bintang-liga-inggris-yang-habis-kontrak-musim-panas-2018-RJGqQqRgCG.jpg Kontra Sanchez habis musim panas 2018. (Foto: REUTERS/Andrew Couldridge)

LIGA Inggris bisa dibilang destinasi utama para pesepakbola kelas dunia. Kesempatan berkiprah di kompetisi terelite, serta potensi mendapat guyuran uang berlimpah membuat banyak pesepakbola kepincut untuk mentas di sana.

Akan tetapi ketika sudah terjun langsung di Liga Inggris, banyak pesepakbola yang berminat melanjutkan karier di kompetisi (liga) lain. Ambil contoh Cristiano Ronaldo. Setelah enam musim membela Manchester United (2003-2009), Ronaldo memutuskan hengkang ke Real Madrid pada musim panas 2009 dan kini menjadi pangeran di Santiago Bernabeu.

Sepertinya, ada beberapa pemain yang kini berkiprah di Liga Inggris, tertarik untuk melanjutkan karier di klub lain. Terbukti, ada beberapa pesepakbola yang enggan memperpanjang kontrak, meski masa baktinya bersama klub akan berakhir pada 30 Juni 2018.

Meski begitu, pemain-pemain yang kontraknya habis pada 30 Juni 2018 belum tentu akan melanjutkan karier di kompetisi lain. Bisa jadi, beberapa dari mereka tetap bertahan di Liga Inggris, namun berpindah klub.

Berikut 5 bintang Liga Inggris yang habis kontrak pada musim panas 2018, mengutip dari Sportskeeda:

5. Fernandinho (Manchester City)

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Fernandinho digaet Man City dari Shakhtar Donetsk pada musim panas 2013. Awalnya, gelandang berpaspor Brasil itu diplot hanya untuk menjadi pemain pelapis. Akan tetapi, kemampuan bermain di banyak posisi ternyata menjadi nilai plus bagi gelandang berkepala plontos itu.

Pemegang 39 caps bersama Tim Nasional Brasil itu merupakan salah satu kunci The Citizens –julukan Man City– menjuarai Liga Inggris 2013-2014. Sementara di musim ini, Fernandinho tak pernah absen dalam 15 laga yang dijalani Manchester Biru di Liga Inggris 2017-2018.

Pesepakbola berusia 32 tahun itu piawai melepaskan umpan. Musim ini, ia memiliki persentase umpan tepat sasaran mencapai 90%. Selain itu dari 15 penampilan di Liga Inggris, ia mengemas dua gol dan tiga assist. Meski kontraknya akan habis, diyakini ia akan mendapat tawaran perpanjangan masa bakti dari manajemen dalam waktu dekat.

4. Mesut Ozil (Arsenal)

(Foto: Adrian Dennis/AFP)

Ozil bisa dibilang salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini. Akan tetapi, keberadaannya belum mampu membawa The Gunners –julukan Arsenal– juara Liga Inggris, terhitung sejak gelandang berpaspor Jerman itu tiba di Emirates Stadium pada musim panas 2013.

Hingga kini, belum ada pembicaraan soal perpanjangan kontrak. Pelatih Arsenal Arsene Wenger memastikan sang pemain takkan hengkang pada Januari 2018. Jika pun hengkang, gelandang berkaki kidal itu akan pindah dengan status bebas transfer pada musim panas 2018.

Lantas, ke mana destinasi Ozil selanjutnya? Ia digadang-gadang akan melanjutkan karier bersama rival Arsenal di Liga Inggris, Manchester United. Akan tetapi, Wenger enggan melepas Ozil ke tim rival dan Barcelona (Spanyol) atau Bayern Munich (Jerman) memiliki peluang mendapatkan pemain yang telah mengemas dua gol dan lima assist bersama Arsenal musim ini.

3. Juan Mata (Manchester United)

(Foto: AFP/Oli Scarff)

Seiring berubahnya pola dari 4-3-3 ke 3-4-2-1 pengembangan Jose Mourinho, peran Mata menjadi agak terkebiri. Karena itu tak heran, hingga kini gelandang berpaspor Spanyol itu belum kunjung ditawarkan kontrak baru oleh manajemen.

Jika benar harus meninggalkan Man United, ada dua destinasi bagi Mata. Dua destinasi yang dimaksud ialah Real Madrid dan kontestan klub Chinene Super League (CSL). Bersama Madrid, Mata belum tentu mendapatkan menit bermain yang banyak, karena harus bersaing dengan gelandang top macam Luka Modric dan Isco Alarcon.

Sementara jika hengkang ke Liga China, Mata mendapat jaminan bermain reguler, namun ia tak mentas di ajang kompetitif. Karena itu, menarik melihat mana jalan yang dipilih pemain jebolan akademi Madrid itu.

2. Emre Can (Liverpool)

(Foto: Paul Ellis/AFP)

Can jadi andalan Liverpool dalam dua musim terakhir. Kemampuan mengontrol tempo permainan, plus dapat beroperasi sebagai bek tengah jadi beberapa kelebihan yang dimiliki pesepakbola berpaspor Jerman tersebut.

Bersama Liverpool musim ini, Can cukup tajam dengan koleksi empat gol dari 20 penampilan. Pencapaian itu membuat Can dilirik Raksasa Italia, Juventus. Jika tak bisa mendapatkan Can pada Januari, Bianconeri –julukan Juventus– akan memboyong mantan peman Bayern Munich ke Allianz Stadium pada musim panas 2018.

1. Alexis Sanchez (Arsenal)

(Foto: Adrian Dennis/AFP)

Sanchez cukup tajam semenjak membela Arsenal pada 2014. Dari 158 penampilan, winger berpaspor Cile itu mengemas 77 gol dan 45 assist. Namun sayang, gol maupun assist yang diberikan Sanchez belum cukup untuk menghadirkan trofi Liga Inggris bagi Arsenal.

Selain Manchester City, PSG dan Bayern siap menampung Sanchez jika enggan memperpanjang kontrak bersama Arsenal. Akan tetapi melihat perkembangan terkini, Man City bisa dijadikan opsi. Hal itu karena Man City ditangani Josep Guardiola, mantan pelatihnya di Barcelona pada 2011-2012. Dengan begitu, Sanchez tak perlu repot beradaptasi dengan pola racikan Guardiola.