Share

Hadapi Musim 2018, BOPI Beri Imbauan kepada Klub Peserta Liga 1 & 2

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 01 Desember 2017 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 01 49 1823542 hadapi-musim-2018-bopi-beri-imbauan-kepada-klub-peserta-liga-1-2-mL0LHOboK4.jpg

JAKARTA – Dengan selesainya Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2017 yang dilaksanakan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Mayjen (Pur) M. Noor Aman, perlu menyampaikan peringatan kepada klub-klub yang sudah memastikan diri sebagai peserta Liga 1 maupun Liga 2 kompetisi 2018.

Prediksi Noor Aman, kompetisi tahun depan akan jauh lebih ramai, karena klub-klub pesertanya merupakan klub pilihan yang terseleksi melalui kompetisi yang ketat melalui kompetisi. Karena itu, demikian dikatakan mantan Gubernur AKMIL tersebut , BOPI dalam rapatnya Selasa (28/11) memutuskan, rekomendasi yang akan dilakukan dalam usaha menegakkan hukum negara tahun depan akan diperketat.

“Klub-klub peserta Liga 1 dan 2 harus benar-benar bersih dari cacat-cacat hukum negara, seperti ligalitas, administrasi keuangan, selain yang terkait dengan persoalan imigrasi, pajak, termasuk pula penyelesaian gaji atau honor pemain, pelatih atau perangkat pertandingan lainnya yang sudah dilepas klub,” jelas Noor Aman. Ditegaskan Ketua Umum BOPI, semua klub peserta Liga 1 dan 2 yang akan berkompetisi tahun depan, sejak sekarang sudah harus mempersiapkan diri untuk memenuhi semua persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.

Sehubungan dengan masalah tersebut, Ketua Tim Verifikasi BOPI Iman Suroso, menyatakan, 3 klub yang promosi ke Liga 1, Persebaya Surabaya, PSMS Medan dan PSIS Semarang, akan diverifikasi secara ketat, karena 60 klub peserta Kompetisi Liga 2 yang lalu belum sempat dilakukan verifikasi secara menyeluruh. "Toleransi yang diberikan pada  kompetisi liga 2 yang baru saja  berlalu, tidak akan terulang lagi,” ucap Iman.

Seperti ditetapkan PSSI, peserta Liga 2 tahun depan terdiri dari 21 klub hasil Komptisi Liga 2 plus 3 klub degrasi dari Liga 1, yakni Persegres Gresik, Persiba Balikpapan dan Semen Padang FC.

Sesuai kesepakatan dengan PT LIB, 24 klub Liga 2 dipastikan akan diverfikasi total sebelum pelaksanaan kompetisi 2018. Jika ada yang tidak lulus, demikian Iman Suroso, harus disingkirkan dalam kepesertaan,

Sementara itu Sekjen BOPI Heru Nugroho menegaskan bahwa menghadapi kompetisi tahun depan, BOPI tidak akan ada kompromi, karena status dan fungsi BOPI sebagai pembina, pembimbing, pengawas dan pengendali olahraga profesional, tidak bisa dintervensi siapa pun.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini