SOCCER TIME: 5 Pemain Manchester City yang Bantu Guardiola Bungkam Kritik, Nomor 1 Tampil Brilian

Reza Saputra, Jurnalis · Rabu 15 November 2017 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 45 1814576 soccer-time-5-pemain-manchester-city-yang-bantu-guardiola-bungkam-kritik-nomor-1-tampil-brilian-2BshWTRosN.JPG Josep Guardiola. (foto:Reuters)

KEHADIRAN Josep Guardiola pada musim panas 2016 menjadi harapan besar bagi Manchester City. Pelatih berpaspor Spanyol tersebut didatangkan dengan harapan bisa mendongkrak performa The Citizens –julukan Man City– terutama di kancah Eropa.

Sayang, tangan dingin Guardiola tidak bekerja di musim perdananya bersama Man City. Pelatih yang akrab disapa Pep itu hanya mampu membawa The Citizens finis posisi tiga Liga Inggris 2016-2017.

Di kancah Liga Champions, Guardiola juga gagal membawa Man City berprestasi. Mantan juru taktik Barcelona itu hanya membawa Sergio Aguero dan kawan-kawan berlaga di babak 16 besar sebelum akhirnya tersingkir dari AS Monaco.

Tak pelak Guardiola pun mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak. Namun, semua itu berbuah 180 derajat di musim ini.

Man City mampu tampil luar biasa pada gelaran Liga Inggris 2017-2018 dengan tanpa kekalahan. Sementara itu, The Citizens juga sudah memastikan berlaga di fase knock out Liga Champions 2017-2018 meski pertandingan di Grup F masih menyisakan dua laga.

Penampilan impresif Man City musim ini pun sukses membungkam para pengkritik yang sempat meragukan kualitas Guardiola. Jika melihat performa secara keseluruhan, setidaknya ada lima pemain yang mampu mengangkat The Citizens. Berikut lima nama pemain yang membantu Guardiola seperti dikutip dari Sportskeeda:

5. Raheem Sterling

Didatangkan pada 2015, Sterling digadang-gadang akan menjadi salah satu pemain kunci saat itu. Nyatanya, penampilan mantan pemain Liverpool itu justru merosot tajam sehingga tercoret dari skuad utama asuhan Manuel Pellegrini.

Namun, musim ini, Sterling mampu bertransformasi menjadi sosok winger mematikan. Jika melihat statistik penampilannya, bahkan penggawa 22 tahun itu saat ini jauh lebih baik dibandingkan saat masih berseragam The Reds.

Sterling muism ini sudah terlibat dalam 13 gol yang dicetak oleh Man City dalam 10 penampilannya dengan rincian tujuh gol dan tiga assist. Selain itu, ia juga masuk dalam daftar top skor sementara Liga Inggris dengan hanya terpaut satu gol dari Sergio Aguero dan Harry Kane di posisi teratas.

4. Ederson Moraes

Guardiola sempat mendapat kritik keras saat menyingkirkan Joe Hart dan menggantikannya dengan Claudio Bravo musim lalu. Mengingat, Hart merupakan penjaga gawang utama The Citizens sejak beberapa tahun terakhir.

Kritik yang dilontarkan semakin santer saat Bravo justru tampil mengecewakan. Masih segar dalam ingatan bagaimana penjaga gawang Timnas Cile itu mendapat kartu merah setelah menyentuh bola di luar kotak penalti saat Manchester Biru bersua Barcelona pada pertandingan Liga Champions.

Kini, Guardiola mendatangkan satu penjaga gawang muda bernama Ederson Moraes. Didatangkan dari Benfica, kiper 24 tahun tersebut menjadi salah satu kunci sukses Man City musim ini.  Ederson tercatat sudah enam kali berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan alias clean sheet di Liga Inggris 2017-2018.

3. Nicolas Otamendi

Karier pemain Argentina, Nicolas Otamendi bisa dikatakan mengalami pasang surut. Banyak pihak yang beranggapan kalau penggawa 29 tahun tersebut tidak cocok dengan gaya permainan The Citizens.

Namun, nyatanya cedera yang dialami sang kapten, Vincent Kompany menjadi berkah tersendiri bagi Otamendi. Ia pun mendapat kesempatan untuk mengawal lini belakang Man City berduet dengan pemain muda lainnya, John Stones.

Ternyata kesempatan yang didapat tidak disia-siakan oleh Otamendi. Ia mampu tampil mengesankan bersama Stones di lini belakang, sesuatu yang tidak dimiliki Man City selama lima musim terakhir.

Penampilan apiknya bersama Man City ternyata mendapat pengakuan dari pelatih Timnas Argentina, Jorge Sampaoli. Kini, ia berhasil masuk skuad utama Albiceleste dengan kemampuan fisik serta duel udara yang mengagumkan.

2. Gabriel Jesus

Satu lagi nama pemain muda mencuat pada musim 2017-2018. Ia adalah Gabriel Jesus yang didatangkan Man City dari Palmeiras pada jendela transfer musim dingin 2017.

Meski datang di pertengahan musim, nyatanya Gabriel Jesus sempat memberikan kontribusi mengagumkan dengan absennya Sergio Aguero akibat cedera. Pemain berpaspor Brasil itu sukses mengemas tujuh gol dari 11 penampilan di musim lalu.

Musim ini, Gabriel Jesus kembali menunjukkan tajinya. Penggawa 20 tahun itu sudah mengemas tujuh gol dan hanya kalah satu dari Aguero  yang bercokol sebagai top skor sementara Liga Inggris 2017-2018.

1. Leroy Sane

Liga Inggris terkenal dengan kecepatannya, dan Leroy Sane merupakan salah satu pemain yang terbaik dalam kategori tersebut. Penampilan penggawa berpapor Jerman itu berhasil melampaui ekspektasi pada paruh kedua musim lalu dan berhasil mempertahankannya hingga kini.

Sane musim ini menjadi sosok yang menawarkan sesuatu yang berbeda terhadap penampilan Man City. Senjata utamanya adalah kecepatan disertai finishing mematikan di depan gawang lawan.

Di bawah asuhan Guardiola, Sane berkembang menjadi mesin, pencetak gol, dan mampu menciptakan peluang bagi rekan-rekannya. Pemain yang beroperasi sebagai winger kiri tersebut sudah mengemas enam gol dan lima assist musim ini.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini