5 Transfer Musim Panas yang di Atas Ekspektasi, Nomor 1 Luar Biasa

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 14 November 2017 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 51 1813836 5-transfer-musim-panas-yang-di-atas-ekspektasi-nomor-1-luar-biasa-c5t1P69r4o.jpg Salah bermain luar biasa bersama Liverpool. (Foto: Laman resmi Liverpool)

BURSA Transfer selalu dijadikan klub-klub Eropa untuk mereparasi skuad yang dimiliki. Harapannya, pemain-pemain yang didatangkan dapat memperkuat dan membuat solid tim. Ujung-ujungnya, performa tim pun yang terkerek.

Namun, tidak semua klub berharap, datangnya seorang pemain baru langsung meningkatkan performa tim secara instan. Pada bursa transfer musim panas 2017, setidaknya ada lima pemain yang tampil jauh di atas ekspektasi klub ketika pertama kali didatangkan.

Berikut ini 5 transfer musim panas yang di atas ekspektasi:

5. Mariano Diaz (Olympique Lyon)

(Foto: AFP/Philippe Desmazes)

Diaz hanya berstatus pemain cadangan Real Madrid di musim 2016-2017. Total sepanjang musim lalu, penyerang berpaspor Republik Dominika itu hanya mentas di 14 pertandingan dengan raihan lima gol. Meski begitu, bukan berarti Diaz tak memiliki peminat.

Pada bursa transfer musim panas 2017, Olympique Lyon menebus Diaz dengan mahar 7,2 juta pounds atau sekira Rp127 miliar. Tak disangka Diaz tampil brilian. Hanya dari 15 penampilan, ia mencetak sembilan gol bagi Les Gones –julukan Lyon!

4. Sead Kolasinac (Arsenal)

(Foto: AFP/Daniel Leal)

Bek berpaspor Bosnia-Herzegovina itu didatangkan Arsenal secara gratis dari Schalke 04. Hebatnya, ia langsung moncer di laga debut resmi bareng The Gunners –julukan Arsenal. Golnya di pengujung waktu normal kontra Chelsea di Community Shield 2017 membuat skor sama kuat 1-1.

Alhasil, laga pun berlanjut ke babak tambahan dan dituntaskan di adu tendangan penalti. Di adu tos-tosan tersebut, Arsenal mengalahkan Chelsea. Sepanjang musim ini, Kolasinac hampir selalu menjadi pilihan pelatih Arsene Wenger. Hebatnya Kolasinac juga dapat diandalkan untuk mengoyak jala gawang lawan. Dari 10 penampilan di semua ajang, ia mengemas tiga gol.

3. Simone Zaza (Valencia)

(Foto: AFP/Ander Gillena)

Zaza memang sudah didaratkan Valencia pada musim dingin 2017. Namun, penyerang berkepala plontos itu baru dipermanenkan Los Che –julukan Valencia– dari Juventus pada musim panas 2017 dengan biaya 16 juta euro atau sekira Rp253 miliar.

Zaza pun tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan Valencia. Dari 11 penampilan di Liga Spanyol 2017-2018, mantan penyerang Sassuolo itu mengemas sembilan gol. Ia hanya kalah dari Lionel Messi yang mencetak 12 gol.

2. Paulinho (Barcelona)

 (Foto: REUTERS/Vincent West)

Paulinho didatangkan Barcelona dari Guanghzou Evergrande dengan biaya 40 juta euro (Rp633 miliar). Meski diboyong dengan harga mahal, kualitas gelandang berpaspor Brasil itu belum benar-benar teruji di kompetisi Eropa. Sebab sewaktu membela Tottenham Hotspur ia gagal total.

Paulinho baru bersinar saat membela Guangzhou yang mentas di Asia dan jelas, kualitasnya kalah dari kompetisi Eropa. Namun, gelandang berusia 29 tahun itu menunjukkan kualitasnya bersama Barcelona. Dari 14 penampilan di semua ajang, ia mengemas tiga gol dan satu assist. Bahkan beberapa kali Paulinho membuat Ivan Rakitic duduk manis di bangku cadangan.

1. Mohamed Salah

(Foto: Facebook Liverpool)

Salah memang didatangkan dengan biaya 42 juta euro atau sekira Rp665 miliar. Meski didatangkan dengan mahal, winger berpaspor Mesir itu diprediksi hanya akan menjadi ban serep dari trio lini depan Liverpool yang sudah matang sejak musim lalu, Sadio Mane, Roberto Firmino dan Philippe Coutinho.

Namun, ketiadaan Coutinho di awal musim karena urusan transfer, menjadi berkah tersendiri bagi Salah. Pemain yang gagal total saat membela Chelsea itu berhasil membayar kepercayaan pelatih Jurgen Klopp. Terbukti hanya dari 17 penampilan, Salah mengemas 12 gol dan empat assist. Bahkan di Liga Inggris 2017-2018, koleksi tujuh gol Salah hanya kalah dari Harry Kane dan Sergio Aguero yang sama-sama mendulang delapan bola.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini