nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bintang Premier League yang Gagal Tampil di Piala Dunia 2018, Nomor 3 Belum Pernah Mentas di Putaran Final

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 14 November 2017 14:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 51 1813797 5-bintang-premier-league-yang-gagal-tampil-di-piala-dunia-2018-nomor-3-belum-pernah-mentas-di-putaran-final-zMQPv2lHuR.jpg Wijnaldum gagal bawa Belanda ke Piala Dunia 2018. (Foto: AFP)

SELAIN Liga Champions, Piala Dunia merupakan turnamen yang sangat idam-idamkan semua pesepakbola. Jika belum pernah mentas di dua ajang tersebut, bisa dibilang curiculum vitae seorang pesepakbola belumlah tuntas.

Namun ketimbang Liga Champions, Piala Dunia adalah turnamen yang lebih sulit untuk diikuti. Sebab turnamen tersebut hanya diadakan empat tahun sekali. Bahkan eks bintang-bintang Premier League macam Ryan Giggs (Wales) dan Eric Cantona (Prancis) tak pernah membawa negaranya mentas di turnamen antarnegara paling prestisius itu.

Berikut ini 5 bintang Premier Legaue 2017-2018 yang gagal tampil di Piala Dunia 2018 Rusia:

5. Andrew Ayew (Ghana)

(Foto: AFP/Issouf Sanogo)

Andrew Ayew yang bermain untuk West Ham United gagal membawa Ghana lolos ke Rusia. Setelah melalui enam pertandingan di Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika, Ghana hanya finis di posisi tiga dengan koleksi tujuh angka.

Bahkan Ghana berada di bawah Uganda yang mengoleksi sembilan poin. Sementara dari Grup E yang lolos ke putaran final ialah Mesir. Kegagalan ini merupakan yang pertama bagi Ghana terhitung sejak 2002. Pencapaian terbaik Ghana di Piala Dunia ialah menembus perempatfinal edisi 2010.

4. Antonio Valencia (Ekuador)

(Foto: AFP/Martin Bernetti)

Permainan apik Valencia bersama Manchester United gagal diemulasi bareng Ekuador. Mantan pemain andalan Wigan Athletic itu hanya membawa Ekuador finis di posisi delapan dari 10 kontestan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol.

Untuk lolos otomatis ke putaran final, yang diambil hanya penghuni posisi satu hingga empat klasemen akhir Zona Conmebol. Kegagalan ini merupakan yang kedua bagi Valencia. Sebelumnya, ia juga gagal membawa Ekuador mentas di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

3. Aaron Ramsey (Wales)

(Foto: REUTERS/Carl Recine)

Jika tidak mengalami cedera, Ramsey selalu jadi pilihan utama pelatih Arsenal Arsene Wenger. Kepercayaan yang diterima Ramsey di Arsenal juga didapatkan di Timnas Wales. Bersama Gareth Bale, Ramsey sempat membawa The Dragons –julukan Wales– ke semifinal Piala Eropa 2016.

Namun, di Kualifikasi Grup D Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Wales hanya finis di posisi tiga dan otomatis gagal melaju ke putaran final. Tim asuhan Chris Coleman kalah bersaing dari Serbia dan Republik Irlandia. Hal itu pun membuat Ramsey belum kunjung tampil di Piala Dunia sepanjang kariernya.

2. Georginio Wijnaldum (Belanda)

(Foto: AFP/John Thys)

Motor serangan Liverpool di lini sentral. Kepiawaian Wijnaldum mengolah si kulit bulat ternyata tak mampu membawa negaranya, Belanda, melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Der Oranje –julukan Belanda– hanya finis di posisi tiga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, di bawah Prancis dan Swedia.

Kegagalan itu bak titik nadir bagi Belanda. Sebab sebelumnya, Belanda juga gagal mentas di Piala Eropa 2016. Jika nanti Belanda gagal tampil di Piala Eropa 2020, mereka akan menyamai pencapaian buruk sebelumnya. Pada medio 1980-an, Belanda gagal tampil di Piala Dunia 1982, Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1986.

1. Alexis Sanchez (Cile)

(Foto: AFP/Martin Bernetti)

Top skor Arsenal dalam beberapa musim terakhir. Bersama Timnas Cile, Sanchez pun merupakan juru gedor andalan bersama Eduardo Vargas. Namun sayang, La Roja –julukan Timnas Cile– gagal mentas di Piala Dunia 2018.

Setelah melalui 18 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol, Cile hanya finis di posisi enam, di luar empat besar yang menggaransi lolos otomatis ke putaran final. Sebenarnya di laga terakhir kualifikasi, Cile hanya butuh imbang kontra Brasil. Namun, mereka justru dibantai Brasil 0-3 dan membuat posisi Sanchez dan kawan-kawan terjun bebas.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini