Image

SOCCER TIME: 5 Pemain Tak Layak Masuk Nominasi Ballon d'Or 2017, Nomor 1 Hanya Jadi Kameo di Real Madrid

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 51 1794124 soccer-time-5-pemain-tak-layak-masuk-nominasi-ballon-d-or-2017-nomor-1-hanya-jadi-kameo-di-real-madrid-PNa3MmZFa9.jpg Coutinho dan Mane tak layak masuk nominasi. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

SEBANYAK 30 nama nominasi Ballon d’Or diumumkan pada Senin 9 Oktober 2017. Dari nominasi tersebut terdapat nama-nama pemain yang konsisten menghiasi daftar tersebut, sebut saja Lionel Messi, Cristiano Ronaldo hingga Neymar Jr.

Namun, tidak semua pemain yang terdaftar layak masuk nominasi. Ada beberapa pemain yang masuk daftar karena didorong prestasi memukau tim, bukan individunya sendiri.

Berikut ini lima pemain yang tak layak masuk nominasi Ballon d’Or 2017:

5. Mats Hummels (Bayern Munich)

Bayern Munich musim lalu memang menjuarai Liga Jerman. Namun, kekukuhan lini belakang tim asal Bavaria bukan karena kehadiran Hummels, melainkan berkat kiper jempolan Manuel Neuer dan bek tangguh atas nama Phillip Lahm (kini sudah pensiun) dan Javi Martinez.

Bahkan ketimbang Hummels, penyelenggara dinilai seharusnya lebih memilih Cesar Azpilicueta (Chelsea) dan Dani Carvajal (Real Madrid) yang tampil brilian sepanjang tahun ini untuk masuk nominasi ketimbang Hummel.

4. Sadio Mane (Liverpool)

Mane memang otak permainan Liverpool, baik di musim ini dan musim lalu. Namun, hal yang membuat Mane tak layak masuk nominasi adalah kegagalannya mengantarkan The Reds –julukan Liverpool– meraih trofi.

Ketimbang memasukkan nama Mane, penyelenggara dapat menyertakan nama-nama seperti Christian Eriksen atau Dele Alli. Meski gagal membawa Tottenham Hotspur juara, keduanya bermain atraktif sepanjang musim lalu. Bahkan Alli keluar sebagai gelandang tersubur di Liga Inggris 2016-2017 dengan koleksi 18 gol.

3. Philippe Coutinho (Liverpool)

Coutinho menjadi otak permainan Liverpool dalam lima musim terakhir. Namun, di awal musim ini, Cou –sapaan akrab Coutinho– sempat tak bermain karena disebut-sebut mengalami cedera. Namun anehnya, Cou justru membela Timnas Brasil pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan pada awal September.

Hal itu menunjukkan gelandang berusia 25 tahun dalam kondisi prima, namun menolak bermain karena minta dijual ke Barcelona. Jelas, sikap tersebut tidak mencerminkan nominator peraih trofi Ballon d’Or yang seharusnya jadi panutan pesepakbola lain.

2. Luis Suarez (Barcelona)

Sepanjang 2017, Luis Suarez memang mencetak 25 gol. Namun, di musim 2017-2018, El Pistolero –julukan Suarez– baru mengemas dua gol. Bahkan saking frustrasinya, Suarez terlihat merobek jersey kepunyaannya saat Barcelona menang 3-0 atas Las Palmas, Sabtu 30 September 2017 malam WIB.

1. Karim Benzema (Real Madrid)

Untuk seorang penyerang depan, jelas gol adalah ukuran utama. Benz –sapaan akrab Benzema– belum mencetak satu gol pun di tiga laga awal Liga Spanyol 2017-2018. Ketika ingin bangkit, penyerang berpaspor Prancis itu pun harus absen karena cedera.

Jika pun pulih dari cedera, nama Benz selalu berada di bawah bayang-bayang Cristiano Ronaldo. Bisa dibilang Benzema hanya berlakon sebagai kameo, di balik kedigdayaan Ronaldo.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini