Image

Lolos Piala Dunia Secara Dramatis, Presiden Panama Tetapkan Hari Libur Nasional

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 14:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 51 1794048 lolos-piala-dunia-secara-dramatis-presiden-panama-tetapkan-hari-libur-nasional-1Q80kkddVt.jpg Panama lolos ke Piala Dunia 2018. (Foto: AFP/Rodrigo Arangua)

PANAMA untuk pertama kalinya akan tampil di Piala Dunia. Setelah melalui 10 pertandingan di babak kelima Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Concacaf, Panama finis di posisi tiga dengan koleksi 13 angka.

Keberhasilan itu pun disambut sang presiden yang diketahui gila bola, yakni Juan Carlos Varela. Bahkan Varela lewat akun Twitter-nya @JC_Varela, menegaskan tanggal 11 Oktober 2017 sebagai hari libur nasional.

“Suara rakyat telah terdengar. Merayakan hari bersejarah ini untuk Panama. Besok (11 Oktober) akan menjadi hari libur nasional,” kata Varela dalam posting-an yang dibuat tanggal 10 Oktober malam, atau 11 Oktober pagi waktu Indonesia.

BACA JUGA: Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini Keseruan di Ruang Ganti Timnas Argentina

Panama lolos ke Piala Dunia 2018 secara dramatis. Sebelum laga pamungkas digelar pada Rabu 11 Oktober 2017 pagi WIB, Panama racikan Hernan Dario Gomez duduk di posisi empat dengan koleksi 10 angka, terpaut dua poin dari Amerika Serikat (AS) di tangga ketiga, atau posisi terakhir lolos otomatis ke Piala Dunia.

Selain wajib menang atas Kosta Rika, Panama harus berharap AS takluk dari Trinidad & Tobago. Beruntung bagi mereka, di saat mereka mengalahkan Kosta Rika 2-1, AS takluk dari Trinidad dengan skor serupa.

BACA JUGA: Argentina Bersatu sebagai Tim, Lionel Messi: Terima Kasih Dukungannya!

Di saat Panama bersenang-senang, AS justru berduka. Untuk pertama kalinya sejak 1986, Negeri Paman Sam gagal ambil bagian di turnamen antarnegara paling prestisius itu.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini