Share

SOCCER TIME: Selain Juventus, Ini 5 Calon Pengganjal Real Madrid di Liga Champions?

Rully Fauzi

Selasa, 12 September 2017 - 19:30 wib

BABAK fase grup Liga Champions 2017-2018 akan segera dimulai, sebagaimana sebagian laga matchday pertama akan dihelat dini hari nanti WIB. Bicara soal kompetisi paling elite di Benua Biru ini, tentu menarik membahas tim-tim yang berpeluang jadi kampiun.

Untuk musim ini, jelas Real Madrid kembali jadi unggulan. Bermodalkan gelar juara back-to-back, materi skuad asuhan Zinedine Zidane juga tidak mengalami banyak perubahan, selain dijualnya Alvaro Morata ke Chelsea di musim panas 2017 mungkin jadi pengecualian.

Di belakang Madrid, raksasa Italia, Juventus rasanya pantas diunggulkan untuk memenangi Liga Champions musim ini. Konsistensi Bianconeri asuhan Max Allegri di Eropa dalam beberapa musim terakhir jadi alasannya. Meski gagal juara, Juve dua kali lolos ke final Liga Champions dalam tiga musim terakhir.

Selain Madrid dan Juve, rasa-rasanya ada lima tim lain yang juga berpeluang menggondol trofi Si Kuping Besar pada musim ini. Berikut lima tim lain yang juga berpeluang menjuarai Liga Champions 2017-2018 versi Okezone:

Barcelona

Mungkin banyak yang memandang sebelah mata Barcelona, apalagi mereka ditinggal Neymar Jr ke Paris Saint-Germain pada musim panas ini. Namun, Barca tetaplah Barca, yang selalu tampil hebat di Liga Champions.

Tanpa Neymar, duet Lionel Messi-Luis Suarez masih bisa diandalkan. Selain itu, pemain-pemain baru yang diharapkan mampu menambal lubang yang ditinggalkan Neymar, macam Gerard Deulofeu dan Ousmane Dembele juga langsung nyetel di awal musim ini.

Barca sendiri melakoni start yang brilian di Liga Spanyol 2017-2018. Tim asuhan Ernesto Valverde menyapu bersih tiga laga awal dengan kemenangan, mencetak sembilan gol dan belum kebobolan sama sekali. Sebagai perbandingan, jika Barca tengah kukuh di puncak klasemen, Madrid masih tertahan di peringkat tujuh, dengan satu kemenangan dan dua hasil seri.

Bayern Munich

Bayern Munich rasa-rasanya tetap harus dimasukkan dalam daftar kandidat juara Liga Champions musim ini, meski The Bavarians baru saja mengecap kekalahan di liga domestik, yakni kekalahan 0-2 dari tuan rumah Hoffenheim akhir pekan lalu.

Memilikipemain-pemain kelas dunia macam Manuel Neuer, Mats Hummels, Arturo Vidal, hingga Robert Lewandowski, plus manajer brilian Carlo Ancelotti, Bayern jelas pantas diunggulkan menjadi juara Liga Champions musim ini, setelah terakhir kali jadi kampiun pada musim 2012-2013.

Paris Saint-Germain

Musim ini, Paris Saint-Germain memiliki Neymar Jr dan Kylian Mbappe. Well, rasanya juara Liga Champions adalah target yang realistis bagi pasukan Unai Emery. Ditambah kehadiran Edinson Cavani, PSG punya trio yang tentu bisa membuat setiap lawan kerepotan.

Di ajang Liga Champions, PSG sendiri sukses menembus fase perempat final dalam empat musim berturut-turut dari musim 2012-2013 sampai 2015-2016. Namun, musim lalu mereka terhenti di babak 16 besar setelah Barcelona melakukan comeback terbesar dalam sejarah kompetisi elite ini.

Setelah menang 4-0 di kandang atas Barca, PSG menyerah 1-6 di Camp Nou. Namun, aktor kemengan Barca saat itu, yakni Neymar yang mencetak dua gol dan satu assist di leg kedua, telah berbaju PSG saat ini.

1 / 2
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11