nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belanja Gila-gilaan, Direktur Barcelona Kritisi Kebijakan Manchester City

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 04 September 2017 06:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 04 51 1768643 belanja-gila-gilaan-direktur-barcelona-kritisi-kebijakan-manchester-city-9hsc5pU53v.jpg

BARCELONA – Pada bursa transfer musim panas 2017, Manchester City merupakan salah satu klub yang paling boros dalam urusan belanja pemain. Bagaimana tidak, klub asuhan Josep Guardiola itu menggelontorkan dana, setidaknya mencapa 204 juta pounds atau sekira Rp3,5 triliun untuk memboyong lima pemain.

Bila dilihat secara menyeluruh, harga yang diberikan Man City kepada para pemain yang dibelinya dinilai jauh melebihi harga pasaran. Tak ayal, hal itu membuat harga pasaran pun rusak. Pemain dengan kualitas yang biasa saja, justru dihargai sangat tinggi.

(Baca juga: Neymar Hengkang ke PSG, Barcelona Sesalkan Peraturan Klausul Penebusan untuk Klub Spanyol)

Kritikan pun datang menghampiri klub berjuluk The Citizens tersebut. Pasalnya, lantaran memiliki uang berlimpah, Man City dinilai semena-mena dalam melakukan kebijakan transfer. Contohnya adalah ketika mereka membeli Kyle Walker dari Tottenham Hotspur dengan harga 45,9 juta pounds atau sekira Rp793 miliar.

Harga untuk Walker tersebut dinilai tak masuk akal. Sedangkan di sisi lain, AC Milan berhasil membeli pemain yang lebih berkualitas, yakni Leonardo Bonucci, dengan harga yang lebih murah, yaitu 42 juta euro atau sekira Rp662 miliar.

Kritikan terhadap strategi transfer Man City juga datang dari Direktur Barcelona, Albert Soler. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Manchester Biru adalah hal yang tidak masuk akal. Bahkan ia lebih memilih untuk keluar dari pekerjaannya ketimbang membeli pemain dengan harga yang tak sesuai.

“Jika Robert (anggota direksi Barcelona) dan saya duduk di sini dan mengumumkan kami merekrut dua pemain seharga 270 juta euro, maka kami telah melewati batas dan kami harus mengundurkan diri,” ungkap Soler, menukil dari 101 Great Goals, Senin (4/9/2017).

“Ini telah mencapai tahap di mana klub (Manchester City) membayar 50 juta euro untuk seorang penjaga gawang (Ederson). Kami lega karena UEFA mulai melakukan investigasi. Kami tidak akan masuk ke dalam pasar yang jauh dari kendali,” pungkas Soler.

(fmh)

Berita Terkait

Bursa Transfer Musim Panas 2017

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini