Share
Persib vs Persegres di Stadion Si Jalak Harupat (Foto: Okezone / Oris Riswan)

Maitimo Cetak Dua Gol, Persib Ungguli Persegres di Babak Pertama

Oris Riswan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 19:40 wib

BANDUNG - Persib Bandung unggul 2-0 di babak pertama atas Persegres Gresik United dalam lanjutan Liga 1 2017 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (20/8/2017) malam.

Dua gol Persib diciptakan Raphael Maitimo. Sementara pencetak assist dalam laga itu adalah Ezechiel Ndouassel dan Matsunaga Shohei.

Jalannya pertandingan

Sejak kick off, Persegres yang tampil sebagai tim tamu tampil domonan. Selama lima menit awal, mereka terus menggempur pertahanan Persib. Tapi, tidak ada peluang emas yang diciptakan. Serangan mereka lebih banyak dimentahkan pertahanan Persib.

Persib kemudian bangkit dan memberikan perlawanan. Secara perlahan, Persib mampu mengimbangi permainan menyerang Persegres. Bahkan, Persib berbalik dominan atas tim tamu.

Menit kedelapan, Persib memiliki peluang emas melalui tendangan bebas Atep. Sial, bola berhasil ditepis kiper Choirun Nasirin. Bola liar pun tak mampu dimaksimalkan para pemain Persib.

Persegres merespon, menit kesembilan, David Faristian mampu melewati beberapa pemain Persib. Di luar kotak penalti, ia kemudian melepas sepakan melengkung. Tapi, bola dengan mudah ditangkap kiper M Natshir karena bergulir lemah.

Di menit 12, kerjasama apik Matsunaga Shohei dan Dedi Kusnandari diakhiri crossing ke mulut gawang. Ezechiel Ndouassel menyambutnya dengan tandukan. Sial, bola melenceng dari sasaran.

Ezechiel nyaris mencetak gol melalui sundulan pada menit 16 memanfaatkan umpan silang Matsunaga Shohei. Dewi Fortuna belum berpihak, bola melenceng tipis ke kiri gawang Persegres.

Pada menit 22, Matsunaga Shohei mengeksekusi tendangan sudut. Bola disambar Achmad Jufriyanto dengan kaki kanan. Lagi-lagi bola tidak menembus gawang. Kali ini, bola melintas tipis di atas gawang Persegres.

Giliran Atep yang mendapat kesempatan besar mencetak gol pada menit 31. Tinggal berhadapan dengan kiper, bola hasil sepakannya justru dengan mudah ditangkap. Peluang pun terbuang sia-sia.

Ezechiel Ndouassel mencoba peruntungan pada menit 35. Setelah berhasil meliuk-liuk melewati pemain belakang lawan, ia melepas sepakan keras di sudut sempit. Bola lagi-lagi tak mampu bersarang.

Tak lama berselang, Matsunaga Shohei menerima umpan silang dari Raphael Maitimo di kotak penalti. Keberuntungan masih belum menaungi Persib. Bola hasil tandukan Matsunaga melenceng tipis ke kiri gawang.

Persib terus menyerang. Kali ini Ezechiel Ndouassel melepas crossing yang disambut sepakan voli Matsunaga Shohei pada menit 38. Bola mengenai wajah pemain belakang Persegres dan melambung jauh di atas gawang.

GOOLLL!!! Persib akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 39. Aksi apik Ezechiel di sektor kanan pertahanan Persegres diakhiri dengan crossing tajam ke mulut gawang. Bola disambar tandukan Raphael Maitimo. Gol! Itu jadi koleksi gol kelima Maitimo bersama Persib. 1-0 Persib memimpin.

Belum usai gegap gempita penonton, Persib justru mencetak gol kedua. Lagi-lagi melalui sundulan Raphael Maitimo setelah memanfaatkan umpan silang Matsunaga Shohei. 2-0 Persib memimpin hingga menit 40.

Di tengah perayaan gol yang dilakukan para pemain Persib, para pemain Persegres mengerubungi hakim garis. Mereka melancarkan protes karena menilai bola belum masuk ke gawang. Sebab saat bola meluncur ke gawang ada pemain Persegres yang menghalau bola.

Tidak hanya pemain di lapangan, pemain cadangan juga ikut melancarkan protes. Bahkan, wasit terpaksa mengeluarkan kartu kuning untuk Loudry Meilana karena dinilai melakukan protes berlebihan. Padahal, Loudry adalah pemain cadangan.

Unggul 2-0, Persib masih tak puas. Serangan terus dilakukan ke pertahanan Persegres. Salah satu peluang diciptakan Matsunaga Shohei pada menit 45. Tapi bola hasil sepakannya tidak berhasil dikonversi menjadi gol.

Hingga turun minum, permainan kedua tim berjalan menarik. Beberapa benturan pun terjadi antara para pemain kedua tim. Sementara hingga babak pertama usai, skor 2-0 untuk keungulan Persib tetap bertahan.

Susunan pemain

Persib: M Natshir (GK), Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto, Dedi Kusnandar, Kim Kurniawan, Atep (C), Matsunaga Shohei, Raphael Maitimo, Ezechiel Ndouassel

Pelatih: Herrie Setyawan

Persegres: M Choirun Nasirin (GK), Ade Suhendra, Roni Rosadi, Jusmadi, Ahmad Sembiring, Andre Putra Wibowo, Agus Indra (C), David Faristian, Arsyad Yusgiantoro, Patrick da Silva, Yusuf Effendi

Pelatih: Hanafi

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11