Share

Demi Perdamaian, PSSI Apresiasi Langkah Menpora Gelar Jumpa Suporter Sepakbola Indonesia

Reza Saputra, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 49 1749201 demi-perdamaian-pssi-apresiasi-langkah-menpora-gelar-jumpa-suporter-sepakbola-indonesia-IuPsxfqd20.jpg Edy Rahmayadi (kiri) bersama Sesmenpora Gatot Dewa Broto. (Foto: Reza Wahyu/Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi, mengapresiasi langkah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dalam menggelar acara Jumpa Suporter Sepakbola Indonesia di Wisma Menpora, Jakarta, Kamis (3/8/2017). Langkah tersebut diambil guna menyatukan seluruh suporter yang ada di Tanah Air.

Karena itu, Edy menyatakan, akan memanggil beberapa petinggi suporter untuk membahas lebih lanjut mengenai perdamaian antar-pendukung sepakbola di Indonesia. Pasalnya, pada jumpa suporter kali ini, The Jakmania -sebutan suporter Persija Jakarta - dan perwakilan pendukung Persib Bandung tidak bisa hadir.

BACA JUGA: Menpora Adakan Islah Suporter, The Jakmania Dipastikan Takkan Hadir

"Kami mengapresiasi kepada bapak menteri yang memfasilitasi pertemuan para suporter dan akan kita tindaklanjuti secara teknis. Nanti kita akan bertemu dengan para suporter yang berkompeten," ujar Edy kepada wartawan.

Lebih lanjut, Edy memaklumi para suporter yang berjuang mati-matian untuk mendukung timnya, meski kadang melampaui batas. Karena itu, ia menegaskan akan memberi pengarahan agar para suporter untuk tetap mengutamakan sportivitas.

"Kita tahu ini adalah kompetisi antarsuporter. Mereka sangat gigih untuk membela timnya. Hanya nanti ktia arahkan bahwa sportivitas adalah sesuatu yang paling penting," lanjutnya.

Menpora bergerak cepat dengan mengadakan acara Jumpa Suporter Indonesia. Langkah tersebut dilakukan setelah insiden memilukan tewasnya salah satu pendukung Bobotoh - pendukung Persib Bandung, Ricko Andrean.

Ricko Andrean, tewas setelah menjadi sasaran kekerasan sejumlah suporter. Nahasnya, ia justru menjadi bulan-bulan dari para pendukung Bobotoh lainnya pada pertandingan Persib kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api beberapa waktu lalu.

Ricko yang saat itu melindungi salah satu pendukung Persija Jakarta justru dianggap menjadi salah satu bagian dari The Jakmania – julukan suporter Persija. Para Bobotoh yang tersulut emosinya pun langsung memukuli Ricko hingga babak belur. Beberapa hari menjalani perawatan intensif di rumah sakit, ia pun akhirnya meninggal dunia pada Kamis 27 Juli 2017.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini