Share

Demi Tingkatkan Kualitas, PSSI Datangkan Wasit Asing

Nanda Karlita

Kamis, 3 Agustus 2017 - 03:11 wib

JAKARTA – Agaknya persepakbolaan Indonesia akan mendapat wajah baru. Bukan dari pemainnya, melainkan dari para pengadil lapangan.

Menurut informasi yang dikutip dari laman resmi PSSI, induk tertinggi sepakbola Indonesia itu akan mendatangkan wasit asing. Kali ini, Australia dan Kyrgyztan sebagai dua negara yang diajak bekerja sama di periode pertama.

Di periode kedua, Indonesia akan kembali mendatangkan wasit yang berbeda guna melakukan perbandingan dan juga pembelajaran bagi para wasit-wasit di Tanah Air. Namun, PSSI belum mengumumkan negara mana yang akan diajak kerja sama di periode kedua.

Masing-masing negara akan menyumbangkan tiga nama wasit untuk bisa memimpin pertandingan di Liga 1 Indonesia 2017. Perekrutan wasit dari luar negeri itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kompetisi yang juga menjadi concern dari George Cummings (mantan direktur wasit FIFA) yang pernah datang ke PSSI.

(Baca juga: Gunakan Wasit Asing di Liga 1, Ini Respons Menpora)

Dengan kerja sama ini, PSSI melalui Sekertaris Jendralnya, Ratu Tisha Destria, mengakui bahwa kedatangan wasit asing ini akan memberikan dampak yang baik bagi persepakbolaan Indonesia.

“PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kyrgyzstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” ucap Tisha.

“Di periode pertama, mereka akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda,” tambahnya.

Selain mendatangkan wasit dari luar, PSSI juga bermaksud ingin melakukan pertukaran wasit Indonesia ke luar negeri. “Tidak berhenti sampai di situ, PSSI juga menekankan bahwa program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya,” tutup Tisha.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11