nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikenal sebagai Laga Sengit, Ini 5 Keunikan Derby Merseyside

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 25 45 1743644 dikenal-sebagai-laga-sengit-ini-5-keunikan-derby-merseyside-eaKY95Nm2y.jpg

PERTEMUAN Liverpool dan Everton dalam laga bertajuk Derby Merseyside memang selalu berjalan sangat sengit. Tidak hanya banyak menghasilkan banyak gol, Derby Merseyside menampilkan sejumlah drama atau insiden di atas lapangan.

Meski memiliki reputasi sebagai salah satu pertandingan paling sengit dalam sejarah Liga Inggris, Derby Merseyside sendiri memiliki sejumlah hal-hal unik untuk dikupas. Setidaknya terdapat 5 hal unik mengenai pertemuan dua klub asal kota Liverpool tersebut.

Berikut 5 Keunikan dalam Derby Merseyside:

1. Derby dengan Umur Paling Lama di Liga Inggris

Derby Merseyside menjadi pertandingan derby paling lama yang menghiasi kompetisi tertinggi di Inggris. pasalnya sejak 1962 hingga kini, Derby Merseyside selalu menghiasi musim-musim Liga Inggris, lantaran baik Liverpool ataupun Everton sama-sama belum pernah merasakan turun kasta.

2. Derby dengan Rekor Kartu Merah Terbanyak di Liga Inggris

Seperti yang sudah kami jelaskan pada awal artikel, Derby Merseyside memang dikenal sebagai pertandingan dengan sarat gengsi dan kerap menghadirkan drama atau insiden di atas lapangan. Bahkan hingga saat ini, Derby Merseyside masih menjadi laga dengan rekor kartu merah terbanyak, yakni 21 kartu.

3. Derby Merseyside juga Dikenal sebagai The Friendly Derby

Meski kedua klub memiliki latar belakang yang tidak baik, hal tersebut nyatanya tidak berpengaruh terhadap hubungan antara kedua pendukung klub. Baik Liverpudlian ataupun Evertonians tidak memiliki hubungan buruk. Bahkan tidak jarang keduanya duduk berdampingkan kala menyaksikan Derby Merseyside.

4. Jarak Stadion Kedua Tim Hanya Berjarak 1km

Layaknya kebanyakan stadion-stadion di Inggris, jarak antara Anfield Stadium –markas Liverpool– dengan Goodison Park –kandang Everton– terbilang sangat dekat. Terhitung jarak kedua stadion tersebut hanya berjarak 1km saja yang.

5. Derby Merseyside menjadi Pertemuan Dua Klub Tersukses di Liga Inggris

Meski reputasi Liverpool lebih besar dibandingkan Everton, nyatanya kedua klub ini memang bisa disebut-sebut sebagai dua klub tersukses dalam satu kota dalam sejarah Liga Inggris. Pasalnya jika kedua klub itu digabung, maka kota Liverpool telah memiliki 27 trofi. Sementara tempat kedua ada Manchester dengan raihan 22 titel, dan London dengan torehan 19 piala.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini