nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Derby Merseyside, Panggung Utama Ian Rush untuk Liverpool

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 15:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 25 45 1743602 derby-merseyside-panggung-utama-ian-rush-untuk-liverpool-XZy7k2v1fM.jpg

PERTEMUAN Liverpool dan Everton dalam laga bertajuk Derby Merseyside memang selalu berjalan sangat sengit. Tidak hanya penuh akan drama, pertandingan Derby Merseyside terkadang juga menghasilkan banyak gol dalam satu laga.

Untuk urusan mencetak gol pada pertandingan Derby Merseyside, Liverpool sungguh beruntung memiliki sosok bernama Ian Rush. Selain memang dikenal sebagai penyerang dengan kemampuan terbaik, Rush juga kerap menyumbangkan gol-gol krusial untuk Liverpool kala bersua dengan Everton.

Tercatat, penyerang berkebangsaan Wales tersebut telah mencatatkan namanya sebanyak 25 kali dalam pertandingan Derby Merseyside. Tidak hanya berstatus sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Derby Merseyside.

Gol perdana Rush sendiri dalam pertandingan Derby Merseyside terjadi pada Liga Inggris musim 1981-1982. Rush mampu mencetak satu dari tiga gol kemenangan Liverpool atas Everton pada musim tersebut.

Nama Rush hingga saat ini masih berstatus sebagai satu-satunya pemain yang pernah mencetak empat gol dalam satu laga Derby Merseyside. Momen bersejarah tersebut terjadi kala Rush bersama Liverpool bertandang ke Goodison Park Stadium. Liverpool sendiri sukses menyudahi laga dengan kemenangan 5-0 atas Everton.

Apabila Liverpool memiliki Rush sebagai mesin gol mereka di Derby Merseyside, Everton memiliki sosok bernama Dixie Dean. Sama halnya dengan Rush yang selalu dielu-elukan para pendukung Liverpool, nama Dean juga terlihat bak seorang pahlawan bagi para Evertonians –sebutan para fans Everton.

Terhitung, Dean menjadi satu-satunya pemain Everton yang paling produktif kala tampil dalam laga bertajuk Derby Merseyside dengan catatan 19 golnya. Yang mana 18 golnya ia sumbangkan untuk Everton kala bersua Liverpool di Liga Inggris, sementara satu gol lainnya hadir pada laga Piala FA.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini