nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir 200 Kali Bertemu, Man United Lebih Hebat ketimbang Liverpool dalam Derby Barat Laut

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 13:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 45 1742764 hampir-200-kali-bertemu-man-united-lebih-hebat-ketimbang-liverpool-dalam-derby-barat-laut-gkrrwX7cCL.jpg Derby North West (Foto: AFP)

LAGA derby Liga Inggris tak hanya terjadi bagi klub yang terletak di satu kota saja, tetapi juga antarkota yang masih dalam satu wilayah. Sebut saja Derby Barat Laut yang mempertemukan Manchester United dan Liverpool.

Sama-sama terletak dalam satu wilayah barat laut Inggris, kedua tim saling terlibat derby yang telah dimulai sejak 12 Oktober 1895. Bertemu pertama kali pada Liga Inggris Divisi 2, Stadion Anfield yang merupakan kandang dari Liverpool menjadi saksi pertama duel Derby Barat Laut.

Sejak pertemuan tersebut hingga saat ini, kedua tim ternyata telah menjalin 198 laga dari berbagai kompetisi. Terakhir mereka bertemu pada paruh kedua Liga Inggris musim lalu, tepatnya pada 15 Januari 2017. Pada laga tersebut, Setan Merah dan The Reds harus puas dengan hasil imbang yakni 1-1 di Old Trafford.

Dari laga yang hampir menyentuh angka 200 itu, kemenangan lebih banyak diperoleh Man United. Tim yang kini diasuh Jose Mourinho itu total mengoleksi 79 kemenangan, lebih unggul dari Liverpool yang hanya menang 65 kali. Sementara 54 laga tersisa harus berakhir dengan imbang.

Pertemuan kedua tim yang sama-sama berkostum utama merah itu lebih banyak terjadi di Liga Inggris. Sebanyak 168 kali, kedua tim saling bertemu di Liga Inggris dengan catatan Setan Merah meraih kemenangan 67 kali, Liverpool 55 kali, sementara sisanya seri.

Kompetisi kedua yang banyak mempertemukan keduanya terjadi di Piala FA. Bertemu 17 kali, lagi-lagi Man United memenangi head to head dengan kemenangan 9 kali. Liverpool tercatat hanya memenangi empat kali, sedangkan empat lainnya berakhir imbang.

Namun, di piala Liga Inggris, justru kebalikannya. Bertemu lima kali, Liverpool lebih banyak memenangi pertandingan sebanyak tiga kali. Sedangkan dua kali menjadi milik Man United. Di Liga Eropa, keduanya pernah bertemu pada babak 16 besar pada musim 2015-2016. Bermain home away, hasilnya Liverpool menang sebanyak satu kali dan satu kali seri.

Sementara di kompetisi lainnya, kedua tim lebih banyak bermain imbang. Sebanyak enam laga di luar kompetisi liga, piala FA, piala Liga Inggris, dan Liga Eropa, keduanya tiga kali bermain imbang. Sementara dua kemenangan menjadi milik Liverpool dan satu lainnya milik Man United.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini