Share
Andy Cole bobol gawang Ipswich lima kali. (Foto: Truly Reds)

SOCCERPEDIA: Kemenangan Kandang Terbesar di Liga Inggris, Manchester United saat Tundukkan Ipswich Town

Ramdani Bur

Senin, 17 Juli 2017 - 12:26 wib

MANCHESTER United tercatat sebagai klub tersukses di Liga Inggris. The Red Devils –julukan Man United– telah meraih 20 trofi Liga Inggris, unggul dua gelar dari pengoleksi trofi terbanyak kedua, Liverpool.

Tidak hanya soal koleksi gelar, Manchester Merah juga tercatat sebagai klub dengan kemenangan kandang terbesar di Liga Inggris. Hal itu dilakukan tim asuhan Sir Alex Ferguson saat mengarungi Liga Inggris 1994-1995.

Menjamu Ipswich Town pada 4 Maret 1995 di Stadion Old Trafford, Man United menang 9-0! Sejak awal laga, Man United memang langsung menggebrak. Namun, pertahanan rapat The Tractor Boys –julukan Ipswich– sempat merepotkan lini serang Man United.

Akhirnya gol yang ditunggu datang juga pada menit 16. Saat itu Roy Keane berhasil mengoyak jala gawang Ipswich kawalan Craig Forrest. Setelah gol tersebut, fokus lini pertahanan The Blues –julukan lain Ipswich– mulai mengendur.

Alhasil, Man United mencetak dua gol tambahan di babak pertama via brace (dua gol) Andy Cole pada menit 24 dan 37 dan skor 3-0 bertahan hingga babak pertama usai. Di paruh kedua, Man United justru semakin bernafsu mencetak gol tambahan.

Cole menambah pundi-pundi golnya di babak kedua setelah mengoyak jala gawang lawan pada menit 53, (65’) dan (89’). Tidak mau kalah dari sang tandem, Mark Hughes yang kini menangani Stoke City mencetak dua gol pada menit 54 dan 59. Sementara satu gol sisa dikemas Paul Ince pada menit 73. Jadi pada laga di atas, Cole mencetak lima gol, Hughes dua bola dan masing-masing satu gol dikemas Keane dan Ince.

Di akhir laga, Forrest yang merupakan penjaga gawang Ipswich diwawancara salah satu jurnalis. Ia mengatakan kapok menghadapi Manchester Merah. Sebab pada laga pertama yang dilangsungkan di markas Ipswich, gawang kiper berpaspor Kanada itu juga kemasukan tiga gol. Jadi dari dua pertemuan, gawang Forrest kemasukan 12 bola.

Meski mencatatkan kemenangan terbesar dalam sejarah bergulirnya Liga Inggris, Man United gagal menjadi yang terbaik di musim tersebut. Sebab saat itu, gelar juara jatuh ke tangan Blackburn Rovers yang di akhir musim mengoleksi 89 poin, unggul satu angka dari Man United di posisi dua.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 16
    2 Manchester United FC 16
    3 Chelsea FC 13
    4 Tottenham Hotspur FC 11
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 18
    2 Athletic Madrid 14
    3 Sevilla 13
    4 Real Madrid CF 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 18
    2 Juventus 18
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 16
    2 Hoffenheim 14
    3 FC Bayern Munich 13
    4 Augsburg 11