Share
Jerman U-21 (Foto: Twitter Timnas Jerman)

Kalahkan Republik Ceko 2-0, Jerman Puncaki Klasemen Sementara Grup C

Karina Nur Shabrina

Senin, 19 Juni 2017 - 01:01 wib

TYCHY – Tim Nasional (Timnas) Jerman berhasil keluar sebagai pemenang dalam pertandingan Grup C melawan Republik Ceko dalam gelaran Piala Eropa U-21. Tampil di Stadion Tychy, Polandia, Senin (19/6/2017) dini hari WIB, Jerman sukses mencetak dua gol tanpa balas.

Dua gol Jerman berhasil dicetak oleh Max Meyer dan Serge Gnabry. Meyer berhasil membobol gawang Ceko di menit ke-44, sementara Gnabry sukses menyumbang satu gol tambahan di menit ke-50. Pertandingan pun ditutup dengan kemenangan Jerman 2-0 atas Ceko.

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama

Sejak peluit tanda dimulainya pertandingan ditiup, pemain kedua tim langsung bermain penuh tekanan. Serangan pertama dilakukan oleh pemain Ceko. Baru berjalan dua menit, Jerman langsung mendapat tendangan bebas buah tackle Stefan Simic.

Di menit ke-5, Jerman pun mendapat kesempatan emas dengan tendangan Serge Gnabry. Sayangnya, tendangan tersebut melebar ke kanan gawang dan belum membuahkan gol.

Terus tampil ganas, pertandingan Jerman dan Republik Ceko diisi dengan serangan masing-masing tim. Ceko pun kembali mencoba peruntungan dengan tendangan di menit 10. Tak berselang lama, Jerman balas menyerang melalui sepakan Meyer yang masih bisa dimentahkan kiper Ceko, Lukas Zima.

Menit ke-28, Jerman kembali mendapat kesempatan emas. Masih oleh Serge Gnabry, Jerman berhasil melepaskan tembakan ke gawang. Namun, Dewi Fortuna masih belum berpihak pada Jerman. Lukas Zima tampil hebat dan melakukan penyelamatan di gawang.

GOOLLL!! Perjuangan Jerman pun berbuah gol manis di menit ke-44. Memanfaatkan operan Weiser, Meyer sukses merobek pertahan Ceko dan membobol gawang sang rival. Gol pun didapat setelah bola masuk ke sudut kanan bawah gawang.

Hingga satu menit tambahan usai, babak pertama pertandingan Grup C antara Jerman dan Republik Ceko ditutup dengan skor 1-0. Jerman pun berhasil unggul sementara.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, Jerman masih tidak melonggarkan serangan meski telah unggul satu gol dari babak pertama. Kiper Ceko pun harus melakukan penyelamatan penting di menit 48 dari serangan Maximilian Arnold.

GOL!!! Kali ini, Arnold kembali tampil ganas. Menjadi aktor dibalik gol kedua Jerman, Arnold sukses memberikan umpan cantik yang dieksekusi dengan baik oleh Serge Gnabry. Gnabry pun melakukan tendangan dari jarak dekat dan bola tidak mampu dimentahkan kiper lawan.

Unggul 2-0, Jerman masih terus menekan Ceko. Serge Gnabry masih menjadi pemain kunci bagi skuad asuhan Stefan Kuntz itu.

Di menit 58, kali ini pemain Ceko balik melakukan serangan melalui tendangan Patrik Schick. Namun, bola masih belum mampu masuk ke gawang Jerman. Tendangan Schick melenceng ke atas mistar gawang.

Hingga menit 72, Jerman telah mendapat dua kesempatan tendangan sudut yang diambil oleh Arnold. Namun, kedudukan masih belum berubah. Terus memanas, pemain Jerman, Gideon Jung dan Philipp, melakukan tackle ke lawan.

Menit 84, kali ini Ceko yang melakukan kesalahan. Handball dilakukan oleh Jakub Jankto dan berbuah penalti bagi Jerman. Davie Selke pun tampil sebagai eksekutor, namun gol tidak tercipta. Menit 93, Meyer tertangkap offside.

Hingga enam menit tambahan, skor pun tetap tidak berubah. Menutup pertandingan tersebut, Jerman berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 tanpa balas. Dengan hasil ini, Jerman berhasil mengoleksi tiga poin di klasemen Grup C.

Susunan Pemain:

Jerman U-21: Arnold M. (C), Dahoud M, Gerhardt Y, Gnabry S, Kempf M, Meyer, Pollersbeck J (GK), Selke D, Stark N, Toljan J, Weiser M.

Pelatih:  Stefan Kuntz

Republik Ceko U-21: Cerny V, Havel M, Jankto J, Luftner M, Sacek M, Schick P, Sevcik P, Simic S, Soucek T, Travnik M (C), Zima L (GK).

Pelatih:  Vitezslav Lavicka

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11