Share
Marco Asensio (Foto: UEFA)

Buat Makedonia Tak Berkutik, Spanyol Cetak Lima Gol Tanpa Balas

Karina Nur Shabrina

Minggu, 18 Juni 2017 - 03:55 wib

GDYNIA – Tim Nasional (Timnas) Spanyol U-21 sukses menutup pertandingan kontra Timnas Makedonia U-21 dalam pertandingan Grup B, Minggu (18/6/2017) dini hari WIB dengan keluar sebagai pemenang.

Bertanding di Stadion Gdynia, Polandia, Spanyol berhasil menundukkan rival yang baru memulai debutnya di ajang tersebut tanpa balas. Tak tanggung-tanggung, Spanyol mencetak lima gol tanpa kebobolan satu kali pun.

Tampil sebagai tim unggulan, Spanyol langsung mengungguli Makedonia di babak pertama dengan skor 3-0. Juara Piala Eropa U-21 tahun 1986, 1998, 2011, dan 2013 itu kembali mencetak dua gol di babak kedua. Pertandingan pun ditutup dengan kemenangan 5-0 bagi Spanyol.

Jalannya Pertandingan:

Babak Pertama

Para pemain Spanyol U-21 langsung tampil menekan sejak mengawali pertandingan. Tak ayal, baru berjalan tiga menit, Jorge Mere langsung mendapatkan kartu kuning pertama bagi Spanyol sekaligus kartu kuning pembuka di laga tersebut.

Pada menit 7, Makedonia melakukan serangan melaluin tendangan Nikolov. Sayangnya, sang pemain menendang dari batas kotak penalti dan melenceng jauh ke sisi kanan gawang.  Hingga menit ke-8, pemain kedua tim saling menyerang satu sama lain. Namun, di menit awal tersebut Makedonia harus mengakui kehebatan Spanyol.

GOL!! Melalui umpan yang diberikan Gaya, Saul Niguez mampu menunjukkan performa gemilang dan mencetak gol pertama di menit ke-10. Dengan gerakan melompat, Niguez sukses membobol gawang Makedonia yang dikawal Aleksovski.

Tak berselang lama, skuad Spanyol asuhan Albert Celades lagi-lagi mencetak gol. Tampil sebagai tim unggulan, Spanyol mengubah kedudukan menjadi 2-0 melalui gol Marco Asensio di menit 16.

Kembali gol! Kali ini, kiper Makedonie kembali gagal mementahkan tendangan pemain Spanyol. Gol ketiga dicetak oleh Gerard Deulofeu. Ia berhasil mengeksekusi tendangan penalti dan sukses membobol pertahanan di sudut kanan bawah gawang Makedonia.

Hingga babak pertama usai, Makedoni belum berhasil mencetak gol ke gawang Spanyol. Laga babak pertama dengan tambahan waktu dua menit pun ditutup dengan keunggulan Spanyol 3-0 atas Makedonia.

Babak Kedua

Merasa terancam, pemain Makedoni melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor timnya. Pada menit 48, Makedonia mendapat kesempatan tendangan sudut namun gagal dimanfaatkan.

GOL!!! Gol pertama di babak kedua yang sekaligus menjadi koleksi gol keempat Spanyol berhasil dicetak oleh Marco Asensio di menit 54. Melalui umpan Llorente, Asensio sukses melakukan tendangan kuat yang memantul melalui Nikolov dan tidak bisa diselamatkan Aleksovski.

Tak berselang lama, tendangan sudut kembali didapat Makedonia. Sayangnya, Makedonia masih belum mampu menunjukkan performa gemilang di penampilan debutnya.

Pada menit 58, Makedonia pun memiliki kesempatan emas untuk mencetak gol dari serangan Babunski. Namun, tendangannya masih membentur mistar gawang yang dijaga Arrizabalaga.

Lagi-lagi Asensio! Ya, pemain muda berbakat itu kembali mencetak gol ketiganya bagi Spanyol di menit 72. Gol kedua di babak kedua itu juga membuat Asensio mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di laga tersebut.

Kedudukan pun berubah menjadi 5-0 dengan keunggulan Timnas Negeri Matador Spanyol. Hingga tiga menit tambahan, Makedonia masih belum bisa membobol gawang sang rival.

Melakoni laga selama 90+4 menit, pertandingan Spanyol vs Makedonia akhirnya ditutup dengan kemenangan Spanyol dengan skor 5-0.

Susunan Pemain:

Timnas Spanyol U-21: Arrizabalaga, Asensio, Bellerin, Deulofeu, Gaya, Llorente,  Mere, Niguez, Ramirez, Suarez, Vallejo.

Timnas Makedonia U-21: Aleksovski, Angelov, Babunski, Bardhi, Bejtulai, Demiri, Markoski, Nikolov, Radeski, Velkoski, Zajkov.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11