Share

AFC U-20 FUTSAL CHAMPIONSHIP: Mantap! Samuel Eko Selamatkan Indonesia dari Kekalahan atas Vietnam

Reza Saputra

Kamis, 18 Mei 2017 - 16:38 wib

BANGKOK – Indonesia berhasil memetik satu angka saat bertemu tim unggulan, Vietnam pada laga ketiga babak penyisihan Grup B AFC U-20 Championship di Indoor Stadium Huamark, Kamis (18/5/2017) sore WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, gol Samuel Eko di detik-detik terakhir sukses menyelamatkan Indonesia dari kekalahan. Skor akhir 1-1.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Vietnam yang lebih diunggulkan memang langsung memberikan tekanan kepada Indonesia di menit-menit awal babak pertama. Namun, buruknya penyelesaian akhir masih belum mampu membahayakan gawang Indonesia kawalan Al Bagir.

RUNTUBOY!!! Indonesia nyaris membuka keunggulan atas Vietnam di menit empat melalui serangan balik Runtuboy. Namun, bola chip yang dilepaskan masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Vietnam.

Indonesia terus menekan pertahanan Vietnam di hingga tujuh menit awal babak pertama. Kali ini giliran Anca yang melepaskan tembakan keras ke arah gawang, namun masih mampu ditepis kiper Vietnam.

Kesulitan menembus pertahanan Vietnam membuat Indonesia menerapkan tembakan-tembakan keras dari luar kotak penalti. Samuel Eko mencoba peruntungannya di menit 13. Namun, tembakan kerasnya masih mampu diblok kiper Vietnam.

Tiga menit waktu tersisa di babak pertama, Indonesia nyaris kecolongan setelah salah seorang pemain Vietnam menyontek bola di depan gawang Merah Putih. Beruntung kesigapan Al Bagir di bawah mistar masih mampu menepis bola.

Indonesia coba terus mencari cara membongkar rapatnya pertahanan Vietnam. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang babak pertama, skor kacamata tidak berubah.

Babak Kedua

Awal interval kedua, Indonesia kembali menekan pertahanan Vietnam. Arjuna Rinaldi coba melakukan penetrasi namun, kalah body dengan pemain Vietnam.

Lagi Indonesia menggempur pertahanan Vietnam. Rama melakukan shooting keras dari luar kotak penalti, namun masih mampu ditepis Ho Yan Y.

RIO!!! Merah Putih nyaris membuka asa di menit 26 melalui sontekan Rio. Namun lagi-lagi kesigapan Ho Yan Y di bawah mistar berhasil menyelematkan gawangnya dari kebobolan.

Kali ini giliran Runtuboy yang mencoba peruntungannya di pertengahan babak kedua. Sayang, finishing yang kurang sempurna membuat Ho Yan Y dengan mudah menangkap bola.

Indonesia yang terus menyerang justru kecolongan di menit 34. Melalui tendangan kedalam, pemain Vietnam mengirimkan umpan ke tengah yang langsung disambar Linh. Al Bagir yang tidak siap gagal mengantisipasi datangnya bola. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Vietnam.

Memasuki dua menit sisa waktu, Indonesia menggunakan powerplay dengan Samuel Eko sebagai penjaga gawang. FAISHAL AMMAR! Mendapat kemelut di depan gawang, Faishal melepaskan tembakan setengah voli, namun masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Vietnam.

Samuel Eko!!! Indonesia akhirnya sukses menyamakan kedudukan di detik-detik akhir pertandingan. Berawal dari sepakan keras Runtuboy dari tengah lapangan, Samuel Eko yang menjadi kiper terbang dan membelokkan bola ke arah gawang. Skor akhir 1-1.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia:

Vietnam: Ho Van Y; N M Dung; Yzen Nie Kdam, D N Linh; V N Lan

Indonesia: Muhammad Al Bagir; Aditya Muhammad Rasyid; Ardiansyah Nur, Syauqi Saud; Faishal Ammar

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11