Share
Alexis Sanchez. (Foto: Reuters/ Stefan Wermuth)

Borong Dua Gol, Alexis Sanchez Bawa Arsenal Taklukkan Sunderland 2-0

Tatang Adhiwidharta

Rabu, 17 Mei 2017 - 03:47 wib

LONDON – Arsenal akhirnya mampu membungkam tamunya Sunderland di laga lanjutan Liga Inggris, Rabu (17/5/2017). Pada pertandingan yang berlangsung di Emirates Stadium itu, Alexis Sanchez dan kolega menang dengan skor 2-0.

Tim asuhan Arsene Wenger memulai laga dengan tempo lambat. Bahkan mereka mampu menguasai jalannya pertandingan, sayang kiper Sunderland, Jordan Pickford tampil luar biasa di babak pertama.

Usai turun minum, Sanchez sukses menjadi pahlawan timnya. Ia membawa timnya menang lewat lesakkannya di menit 72 dan 81. Tentu, kemenangan ini membuka asa tim asal London Utara itu untuk menuju 20 tahun beruntun tampil di Liga Champions.  

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Arsenal memainkan bola dengan tempo lambat, tim tamu berusaha membangun serangan dengan serangan cepat. Belum ada peluang tercipta hingga menit kelima.

The Gunners mendapatkan peluang menciptakan angka lewat sepakan keras Alexis Sanchez dari luar kotak penalti di menit ketujuh. Sayang gol tersebut dianulir wasit karena bola sempat mengenai tangan dari Oliver Giroud.

Tak ingin diserang terus, Sunderland terus berupaya membangun serangannya lewat sayap. Peluang didapatkan Sebastian Larsson yang mengirimkan crossing, sayang Petr Cech dengan sigap mengamankan bola.

Tim asuhan Arsene Wenger begitu dominan, beberapa kali peluang emas tercipta. Namun, kiper Sunderland Jordan Pickford tampil luar biasa dalam menjaga gawangnya. Tercatat ada lima peluang emas The Gunners yang ia gagalkan.

Skor tak berubah untuk kedua tim. Hasil 0-0 babak pertama masih menghiasi papan skor Emirates Stadium.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Arsenal sempat mendapatkan ancaman, pemain belakang mereka, Monreal melakukan backpass kepada Cech, namun bola meluncur ke arah gawang, kiper berpaspor Ceko itu langsung mengejar bola dan menepis bola ke luar lapangan. Wasit memberikan tendangan bebas bagi Sunderland.

Sekira  10 meter dari gawang, Larsson mengeksekusi bola tepat di garis pinggir lapangan. Ia mencungkil bola ke depan gawang, namun Xhaxa sukses menyundul keluar lapangan.

Pada menit ke-72, Sanchez membawa Arsenal unggul! Akhirnya ,tim asuhan Arsene Wenger itu membayar dominasi mereka. Umpan lambung Xhaka ke sisi kotak penalti disambut Ozil, kemudian mengarahkan bola ke mulut gawang Sunderland yang langsung dieksekusi Sanchez. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah!

Tak lama, pada menit 81 Sanchez kembali menggandakan skor! Berawal dari umpan silang dari sisi kanan, bola dieksekusi Giroud yang mengarahkan bola ke arah gawang sembari terbang. Bola berhasil ditepis Pickford, namun bola liar yang mengarah ke tiang jauh langsung disambar Alexis. 2-0 untuk keunggulan Arsenal.

Jelang pengujung waktu tak ada lagi gol terjadi. Arsenal akhirnya mampu keluar menang dengan skor 2-0. Kemenangan ini begitu penting agar menjaga asa mereka untuk bisa finis di posisi keempat klasemen akhir Liga Inggris.

Susunan Pemain:

Arsenal: Cech, Monreal, Mustafi, Holding, Kibbs, Xhaka, Ramsey, Bellerin, Sanchez, Ozil, Giroud.

Sunderland: Pickford, Jones, Kone, O’Shea, Manquillo, Larsson, Cattermole, N’Dong, Oviedo, Defoe, Borini.  

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11