Share

Skenario Terburuk jika Man United Finis Keenam di Liga Inggris dan Gagal Juarai Liga Eropa Musim Ini

Rully Fauzi

Selasa, 16 Mei 2017 - 14:23 wib

KAMPANYE musim 2016-2017 sejatinya memang tak memuaskan bagi Manchester United. Ya, meski pasukan Jose Mourinho bisa mengakhiri musim ini dengan raihan tiga trofi gelar juara.

Man United sudah dipastikan gagal mempertahankan gelar juara Piala FA usai disingkirkan Chelsea di fase perempatfinal. Paul Pogba dan kolega juga maksimal hanya bisa finis di peringkat kelima Liga Inggris 2016-2017. So, ini berarti Setan Merah bakal kembali absen di Liga Champions musim depan? Belum tentu!

Man United masih bisa lolos ke Liga Champions musim depan jika menjuarai Liga Eropa musim ini, di mana mereka telah memastikan diri tampil di final untuk menantang Ajax pada 25 Mei 2017 dini hari WIB di Friends Arena, Stockholm, Swedia.

Namun, bagaimana jika Man United gagal menjuarai Liga Eropa dan hanya bisa finis keenam di Liga Inggris musim ini? Sebagai informasi, Man United saat ini masih tertahan di peringkat enam, terpaut empat poin dari Arsenal di peringkat lima dengan hanya dua laga tersisa.

Well, jika seperti itu, bukan hanya dipastikan takkan ada di Liga Champions musim depan, Man United juga bahkan bisa tidak berpartisipasi di Liga Eropa 2017-2018.

Dengan hanya finis keenam di liga domestik, Man United harus melalui babak play-off dulu jika ingin lolos ke fase grup Liga Eropa musim depan. Setan Merah sebenarnya juga menjuarai Piala Liga Inggris musim ini, trofi penting pertama yang dipersembahkan Mourinho untuk klub. Namun, reward dari gelar tersebut juga hanyalah tampil di kualifikasi III Liga Eropa, bukan lolos langsung ke fase grup.

Well, semua kemunkinan masih bisa terjadi. Man United bisa saja langsung lolos ke fase grup Liga Champions musim depan jika menjuarai Liga Eropa musim ini, namun mereka juga bisa tidak tampil sama sekali di kompetisi Eropa musim depan.

Sebagai tambahan, Man United juga menjuarai Community Shield di awal musim ini. Namun, itu bukanlah trofi major, dan bisa dibilang hanya sekadar seremonial jelang digelarnya musim anyar.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11