Share
Barcelona vs Villarreal (Foto: AFP)

Hancurkan Villarreal 4-1, Barcelona Amankan Posisinya di Puncak Klasemen Liga Spanyol

Nanda Karlita

Minggu, 7 Mei 2017 - 01:34 wib

BARCELONA – Barcelona sukses mengamankan tiga poin setelah memenangkan pertandingan kontra Villarreal, dalam lanjutan Liga Spanyol 2016-2017, Minggu (7/5/2017) dinihari WIB. Barca berhasil mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 4-1 dan semakin mengukuhkan posisinya di puncak klasemen sementara dengan 84 poin.

Barca pun kini unggul tiga poin atas Real Madrid yang ada di peringkat kedua. Namun, Blaugrana telah main 36 kali, sementara Madrid baru 34 kali. Madrid sendiri akan bermain melawan tuan rumah Granada beberapa saat lagi. 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Barcelona langsung menggeber dengan mengambil penguasaan bola di menit awal babak pertama. Bahkan aksi Neymar di menit enam menjadi peluang pertama bagi Barca untuk mencetak gol. Sayangnya, peluang itu masih mampu digagalkan oleh kiper Villarreal.

Barcelona baru berhasil mencetak gol di menit 21 setelah sepakkan Neymar tak mampu dihalau oleh Andres Fernandez –kiper Villarreal. Neymar sukses meneruskan tendangan yang dilakukan Messi di kotak penalti Villarreal.

Namun di menit 32, Villarreal berhasil menyamakan kedudukan lewat Cedric Bakambu. Bakambu berhasil melakukan aksi individu dari tengah lapangan dan tendangannya tak mampu dihalau oleh kiper Barcelona, Ter Stegen.

Alih-alih akan berakhir imbang, Messi berhasil membuat Blaugrana unggul kembali di menit 45. La Pulga –julukan Messi– sukses memanfaatkan umpan yang diberikan Busquets dan membawa Barca kembali unggul dengan skor 2-1. Skor tersebut sukses menjadi penutup babak pertama.

Babak Kedua

Meski telah unggul, Barcelona tak sedikit pun mengendurkan serangannya di babak kedua. Di menit 53, Suarez sukses menciptakan peluang bagi Barca. Namun, sepakkannya masih bisa dihadang oleh para pemain belakang Villarreal.

Begitu juga upaya Messi yang hanya mampu bergulir di sisi gawang Andres Fernandez. Usaha Barca akhirnya berbuah di menit 69. Luis Suarez sukses memperlebar jarak gol atas Villarreal menjadi 3-1. Suarez sukses meneruskan umpan matang yang diberikan oleh Sergi Roberto.

Menjelang akhir babak kedua, Barcelona semakin mendominasi permainan. Namun, Villarreal mampu menciptakan peluang di tengah tekanan terus menerus yang dilakukan oleh Bacelona lewat Bakambu di menit 77. Sayang tendangannya masih aman di pelukan Ter Stegen.

Barcelona berhasil menambah keunggulannya di menit 82. Barca yang mendapat hadiah penalti setelah salah seorang pemain belakang Villarreal melakukan hands ball di kotak terlarang. Messi yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan Barca menjauh dengan keunggulan 4-1.

Di menit-menit akhir babak kedua, Barca masih mampu menciptakan peluang lewat Iniesta dan Suarez. Namun usaha kedua pemain itu tak mampu mengubah skor dan keunggulan 4-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim

Barcelona XI: Ter Stegen, Pique, Digne, Umtiti, Iniesta, Rakitic, Busquetz, Sergio Roberto, Messi, Suarez, Neymar.

Villarreal XI: Andres Fernandez, Musacchio, Mario Gaspar, Jaume Costa, Alvaro Gonzales, Soriano, Dos Santos, Trigueros, Rodri Hernandez, Soldado, Bakambu.

TAG : EA EA
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11