Image

Soccerpedia: Alasan Wasit Sepakbola Gunakan Kostum Hitam atau Kuning

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 14:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 21 51 1673355 soccerpedia-alasan-wasit-sepakbola-gunakan-kostum-hitam-atau-kuning-BqMayAvOEG.jpg

PENGADIL lapangan menjadi aktor penting dalam pertandingan olahraga tak terkecuali dalam permainan sepakbola. Permainan sepakbola memang telah ditemukan sejak abad kedua atau ketiga di China.

Sejak itu, sepakbola semakin dikenal dan sangat sering dimainkan hingga ke Eropa, Amerika, dan juga ke wilayah Asia. Pada awalnya, sebuah pertandingan sepakbola tak pernah melibatkan seorang pengadil lapangan.

Kala itu, jika terjadi masalah di lapangan, kedua kapten dari masing-masing tim akan berdiskusi untuk menentukan keputusan yang diambil. Namun kenyataannya, cara itu kurang efektif hingga akhirnya ditunjuklah seseorang untuk menjadi wasit.

Pada Maret 1893, federasi sepakbola tertinggi di Inggris (FA), mengadakan sebuah pertemuan di London untuk menunjuk wasit sebagai orang yang memimpin pertandingan. Hingga akhirnya pada 1908, Persatuan Wasit Dunia dibentuk untuk menaungi para pengadil lapangan yang ada di dunia.

Awalnya, wasit dalam sebuah pertandingan sepakbola umumnya lebih sering mengenakan blazer dibandingkan jersey. Namun belakangan, wasit dianjurkan mengenakan baju berwarna hitam kecuali jika kedua tim memakai jersey dengan dominan warna gelap.

Namun di awal 1990-an, wasit mulai diminta untuk mengenakan warna yang lebih mentereng seperti kuning dan hijau. Tak berapa lama, FIFA mengeluarkan aturan soal pakaian dan atribut yang harus dikenankan wasit.

FIFA mengeluarkan aturan yakni wasit harus menggunakan celana hitam, kaus kaki hitam, dan sepatu hitam. Sementara jersey yang digunakan bisa berwarna hijau, merah, ataupun biru. Namun tak jarang, wasit sering terlihat mengenakan baju kuning dengan garis hitam.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini