Share
Juventus alami perkembangan ketimbang dua tahun lalu. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)

Singkirkan Barcelona, Juventus Tunjukkan Alami Perkembangan

Ramdani Bur

Kamis, 20 April 2017 - 15:19 wib

TURIN – Juventus sukses menyingkirkan Barcelona di perempatfinal Liga Champions. Setelah melewati dua pertandingan, Bianconeri –julukan Juventus– unggul agregat 3-0 atas Barcelona dan berhak melaju ke perempatfinal.

Kesuksesan menghentikan langkah Barcelona membuat Gianluigi Buffon berkomentar. Kapten sekaligus kiper Juventus itu menilai, timnya mengalami perkembangan ketimbang saat dikalahkan Barcelona 1-3 di final Liga Champions 2014-2015.

“Tampil penuh determinasi sudah menjadi identitas Juventus. Saat ini kami bermain dengan gaya Eropa yang terus menjaga lawan ketika mereka menguasai bola dan juga mampu mengontrol pertandingan. Intinya kami saat ini lebih baik ketimbang musim-musim sebelumnya,” kata Buffon mengutip dari Football Italia, Kamis (20/4/2017).

Ketika dikalahkan Barcelona 1-3 dua tahun lalu, pertahanan Juventus tak sekukuh saat ini. Permainan umpan satu-dua yang diperagakan pemain-pemain Barcelona saat itu mampu menembus pertahanan Juventus yang saat itu dikawal Andrea Barzagli dan Leonardo Bonucci.

Sementara dari segi penyerangan, permainan Juventus saat itu terlihat agak sporadis atau tidak beraturan. Beda halnya dengan musim ini, terutama ketika tampil di leg II perempatfinal kontra Blaugrana –julukan Barcelona.

Kombinasi serangan yang dilancarkan Barcelona selalu dimatikan pertahanan Juventus yang dikomandoi Giorgio Chiellini. Sementara dari segi penyerangan, permainan Juventus jauh lebih terstruktur. Hanya sayang ketika mendapat peluang, Juan Cuadrado dan kawan-kawan kurang tenang dalam memanfaatkan peluang.

Menarik menanti kiprah Juventus selanjutnya di Liga Champions 2016-2017. Pada Jumat 21 April 2017 sore WIB, akan diketahui siapa lawan Paulo Dybala dan kawan-kawan di semifinal kompetisi antarklub Eropa paling prestisius itu.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11