Share

Raih Hasil Seri di Camp Nou, Juventus Akhiri Kisah Indah Barcelona di Liga Champions

Tatang Adhiwidharta

Kamis, 20 April 2017 - 03:46 wib

CATALUNYA – Berakhir sudah kisah Barcelona di panggung Liga Champions pada musim 2016-2017. Lionel Messi dan kawan-kawan gagal meraih kemenangan karena tak mampu mengejar defisit tiga gol dari Juventus di leg kedua perempatfinal Liga Champions.

Barcelona sejatinya tampil dominan pada laga yang berlangsung di Stadion Camp Nou pada Kamis (20/4/2017) dini hari WIB. Selama 90 menit Barca melepaskan 19 tembakan, namun hanya satu kali mengarah ke arah gawang Gianluigi Buffon.

Juventus yang memiliki modal tiga gol, tampil begitu tenang. Pasukan Massimiliano Allegri mampu mengimbangi permainan tiki-taka yang diusung oleh Barca.

Atas hasil seri 0-0 ini, Si Nyonya Tua berhak lolos ke babak semifinal Liga Champions. Mereka menang dengan skor agregat 3-0 dari Barca.

 

Jalannya Pertandingan

Saat peluit babak pertama dibunyikan Juventus langsung melakukan pressing pada Barcelona. Umpan dari kaki ke kaki diperagakan Paulo Dybala dan kawan-kawan.

Barcelona mendapatkan peluang di menit 12 lewat aksi Neymar dari sisi lapangan. Ia mengirimkan bola ke arah Suarez, namun bola mampu diamankan pemain belakang Juventus.

Juve hampir saja mencetak angka lewat aksi Cuadrado. Pada menit ke-15, pemain berpaspor Kolombia itu menerima umpan sundul dari Dybala, ia berusaha tenang mengontrol bola dari kakinya. Ia lantas melakukan tendangan akrobatik, sayang bola melambung dari tiang gawang Ter Stegen.

Kombinasi apik diperagakan oleh pemain Barca, Neymar memberikan crossing ke lini pertahanan Juve. Messi yang menguasai bola gagal memanfaatkan peluang tersebut, bola sepakannya meluncur tipis dari sisi gawang Buffon.

Pada menit ke-21, Neymar berkesempatan mencetak gol setelah mendapatkan umpan silang dari Alba. Hanya saja sepakannya masih melebar. Juve tak tinggal diam, Dybala tinggal berhadapan dengan ter Stegen. Tetapi, serangannya dihentikan wasit karena dianggap offside.

Memasuki menit krusial babak pertama, kedua tim terus menggencarkan serangan. Namun, gol tak kunjung tercipta, hingga wasit meniup tanda berakhirnya babak pertama.

 

Babak Kedua

Barcelona terlihat tampil menggebrak lewat aksi dari Neymar di menit 46. Pemain Timnas Brasil itu berhasil melewati beberapa pemain belakang Juve, tapi ia gagal melindungi bola dari kakinya.

Peluang bagi Juve di menit 49, Dybala memberikan bola kepada Cuadrado yang berada di sisi lapangan. Cuadrado yang berdiri bebas tinggal berhadapan dengan ter Stegen gagal merobek jala Barca.

Pada menit ke-75 Allegri memutuskan mengeluarkan Dybala dan memasukkan pemain bertahan yaitu Andrea Barzagli. Hal ini dilakukan untuk memperkuat sektor pertahanan Si Nyonya Tua.

Peluang demi peluang dicoba oleh pemain Barca untuk menjebol gawang Buffon. Messi bahkan sempat terlihat frustrasi karena gagal memanfaatkan peluang di menit 77.

Masuk menit krusial, Barca terus menggencarkan serangannya. Namun, pemain Juve dengan tenang mampu mematahkan aliran bola pemain Barca. Gol pun tak kunjung tercipta, akhirnya wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Juve pun berhasil melangkahkan kakinya ke semifinal. Bianconeri menang dengan agregat 3-0.

 

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto (Mascherano 78’), Pique, Umtiti, Alba; Rakitic (Alcacer 58’), Busquets, Iniesta; Neymar, Suarez, Messi.

Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado (Lemina 84), Dybala (Barzagli 75’), Mandzukic; Higuain (Asamoah 88’).

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 10
    3 Valencia CF 9
    4 Real Sociedad 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 FC Internazionale Milano 13
    2 Napoli 12
    3 Juventus 12
    4 Lazio 10
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 6
    2 FC Bayern Munich 6
    3 Hamburger SV 6
    4 Hannover 96 6