Share

Akuisisi AC Milan oleh Konsorsium China Akhirnya Rampung

Rully Fauzi

Jum'at, 14 April 2017 - 00:17 wib

MILAN - AC Milan akhirnya mengonfirmasi bahwasanya proses pengakuisisian saham mayoritas klub dari Fininvest (perusahaan milik Silvio Berlusconi) ke Rossoneri Sport Lux (konsorsium asal China) telah rampung. Hal ini dikonfirmasi Il Diavolo Rosso via laman resmi mereka.

Proses akuisisi ini memang tertunda cukup lama. Ya, meski sudah santer sejak akhir tahun lalu, Sino-Europe Sports yang berubah menjadi Rossoneri Sport Lux sudah berulang kali gagal menemui kesepakatan untuk men-takeover Milan.

Harga pembelian Milan yang cukup tinggi tak kunjung mampu dipenuhi oleh konsorsium China yang dipimpin oleh Yonghong Li tersebut. Namun setelah mendapat dukungan dari Amerika Serikat, proses pengakuisisan pun tuntas.

Rossoneri Sport Lux dilaporkan bakal mengakuisisi sebesar 99,93% saham Milan. Fininvest juga segera menerima dana sebesar 370 juta euro sebagai tahap pertama pembayaran.

“Fininvest hari ini telah menuntaskan penjualan seluruh sahamnya pada Rossoneri Sport Investment Lux, sebesar 99,93%, untuk pengakuisisian AC Milan," demikian pernyataan di laman resmi Milan.

"Finalisasi hari ini memberi efek penuh pada perjanjian pengakuisisian yang ditandatangani oleh Direktur Fininvest, Danilo Pellegrino, dan David Han Li, wakil dari Rossoneri Sport Investment Lux pada 15 Agustus 2016 dan diperbaharui pada 24 Maret 2017."

"Ketentuan perjanjian adalah sama diungkapkan pada bulan Agustus lalu dan memberikan penilaian keseluruhan atas AC Milan di angka 740 juta euro. Terdiri dari beban utang yang dievaluasi pada 30 Juni 2016, sesuai dengan kesepakatan di antara kedua pihak, sekitar 220 juta euro."

"Jumlah itu telah dihitung oleh Fininvest, plus 90 juta euro sebagai pengembalian dari kontribusi modal yang dilakukan oleh Fininvest untuk AC Milan dari 1 Juli 2016 sampai hari ini. Pembeli telah menegaskan komitmen mereka untuk melakukan investasi rekapitalisasi penting untuk neraca dan penguatan keuangan AC Milan."

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 16
    2 Manchester United FC 16
    3 Chelsea FC 13
    4 Tottenham Hotspur FC 11
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 18
    2 Athletic Madrid 14
    3 Sevilla 13
    4 Real Madrid CF 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 18
    2 Juventus 18
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 16
    2 Hoffenheim 14
    3 FC Bayern Munich 13
    4 Augsburg 11