Share

Pelajaran dari Eks Pemain Aston Villa untuk Michael Essien

Oris Riswan

Selasa, 21 Maret 2017 - 06:19 wib

BANDUNG - Lee Hendrie menjadi pemain eks Liga Inggris pertama yang bergabung dengan klub asal Bandung di Liga Primer Indonesia (LPI) pada 2011, yaitu Bandung FC. Kini, datang pemain eks Liga Inggris kedua ke Bandung yaitu Michael Essien yang bergabung ke Persib Bandung.

Essien sendiri saat ini masih berada di London untuk mengurus segala keperluan kepindahannya ke Persib. Ia dijadwalkan baru akan kembali ke Bandung akhir pekan ini.

Agus Atha, pria yang pernah jadi asisten pelatih di Bandung FC, membagi pelajaran pernah menangani Lee Hendrie. Hal pertama yang harus dilakukan oleh Persib kepada Essien adalah menjalankan segala klausul kontrak.

"Harus benar-benar dijalankan apa yang ada di dalam kontrak," kata Agus kepada Okezone, Senin (20/3/2017).

Segala fasilitas yang dijanjikan menjadi hak Essien harus benar-benar diberikan. Karena jika tidak dijalankan, bisa saja Essien 'ngambek' hingga mogok latihan atau bermain.

Saat menangani Lee Hendrie, ia menyaksikan bagaimana sang pemain benar-benar harus menerima segala haknya sesuai kontrak. Salah satunya karena mobil untuk menjemput latihan yang sempat tidak sesuai membuat eks pemain Aston Villa itu mogok latihan hingga akhirnya mobil jemputan dipenuhi sesuai di klausul kontrak.

"Jadi segala hal dalam kontrak itu harus sedetail mungkin dikomunikasikan," ungkapnya.

Begitu juga soal lapangan yang akan jadi tempat latihan dan bermain. Essien yang terbiasa bermain di lapangan super mewah harus menerima kenyataan berlatih dan bertanding di lapangan yang kelasnya mungkin tidak pernah terpikirkan dalam benaknya.

"Dia mungkin akan sedikit aneh dengan lapangan yang akan dipakai. Tapi di kita kan memang segini adanya, mau enggak mau dia harus menerimanya. Jadi pintar-pintar manajemen memberikan penjelasan pada Essien soal kondisi ini agar dia mengerti," jelas Agus.

Jika diberikan penjelasan, Agus yakin Essien akan bisa menerima dan berusaha menyesuaikan diri. Hal itu pernah dialami saat menangani Lee Hendrie. Karena sudah diberikan penjelasan, Lee Hendrie tidak pernah protes soal lapangan yang jadi tempat latihan dan bertanding meski kelasnya jauh dari lapangan di Inggris.

"Yang namanya Lee Hendrie, dia tidak pernah komplain soal lapangan, dia enjoy saja," ungkap kiper Persib era 1980-an tersebut.

Agus pun kembali menekankan agar komunikasi benar-benar dijaga dengan Essien. Sehingga segala keluhan bisa diselesaikan secepat mungkin oleh manajemen Persib demi menjaga kenyamanan eks pemain Chelsea itu.

TAG : pelajar
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 10
    3 Valencia CF 9
    4 Real Sociedad 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 FC Internazionale Milano 13
    2 Napoli 12
    3 Juventus 12
    4 Lazio 10
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 6
    2 FC Bayern Munich 6
    3 Hamburger SV 6
    4 Hannover 96 6