Share
Juan Cuadrado jadi pahlawan kemenangan Juventus. (Foto: Giorgio Perottino/Reuters)

Juventus Raup Poin Penuh dari Kandang Sampdoria

Tatang Adhiwidharta

Minggu, 19 Maret 2017 - 23:51 wib

GENOA – Juventus berhasil mencuri tiga poin dari kandang Sampdoria pada giornata 29 Liga Italia 2016-2017. Bermain di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu (19/3/2017) malam WIB, tim asuhan Massimiliano Allegri menang dengan skor 1-0.

Gol Juve tercipta lewat tandukan Juan Cuadrado di menit tujuh. Pemain berpaspor Kolombia itu memanfaatkan umpan crossing dari Kwadwo Asamoah yang berada di sisi kanan pertahanan Il Samp.

Atas kemenangan ini Juve semakin kokoh di puncak klasemen. Gianluigi Buffon dan kolega unggul 10 angka dari Napoli yang berada di posisi kedua. Sementara Sampdoria harus puas berada di posisi sembilan dengan 41 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Saat peluit baru dibunyikan pasukan Juventus sudah menggempur pertahanan milik Sampdoria. Peluang pertama Bianconeri datang dari Higuain, penyerang berpaspor Argentina itu menerima umpan matang dari Paulo Dybala. Sayangnya Christian Puggioni mampu mengamankan bola.

Juan Cuadrado akhirnya memecahkan kebuntuan Juve pada menit keenam. Crossing dari Kwadwo Asamoah mampu disundul Cuadrado dan menghasilkan gol. 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Tertinggal satu gol, membuat Il Samp membangun serangan lewat Bruno Fernandes. Peluang, Muriel melepaskan sepakan ke arah Gianluigi Buffon, sayang bola mampu diamankan oleh sang kiper.

Bianconeri tampil baik hingga pertengahan babak dengan mampu menguasai jalannya laga. Namun selepas keluarnya Dybala dengan indikasi cedera, Sampdoria perlahan mampu bangkit dan memberikan sejumlah ancaman.

Di ujung babak pertama skor pertandingan masih 1-0 untuk keunggulan Juve. Sampdoria tercatat hanya melepaskan empat tendangan ke arah gawang.  

Babak Kedua

Masuk babak kedua, Samdoria berupaya menggempur pertahanan Juve. Sala memiliki kans, namun tidak ada peluang berbahaya karena bola tak mengarah ke rekan-rekan setimnya.

Menit 49 Quagliarella mendapatkan peluang! Lagi-lagi melalui serangan balik cepat Sampdoria. Namun tendangan keras pemain bernomor punggung 27 itu dimentahkan Buffon.

 Juve kali ini tak banyak melakukan ancaman ke gawang Samdporia. Pasalnya, Il Samp membuat lini belakang Juventus kelengahan, beruntung Lemina bergerak cepat menutup dengan membuang bola.

Hingga menit akhir, tim asuhan Marco Giampaolo terus melakukan serangan, peluang sempat didapatkan Regini, sayang sundulannya masih melebar. Alhasil wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Atas kemenangan ini Bianconeri sukses menjaga jarak dengan para pesaing di puncak klasemen sementara Serie A. Tambahan tiga poin membawa raihan Gianluigi Buffon dan kolega menjadi 73, sementara Sampdoria duduk di posisi sembilan dengan angka 41.  

Susunan Pemain

Sampdoria: Puggioni; Sala, Silvestre, Skriniar, Regini,; Linetty, Torreira (Praet 61’), Barreto, Fernandes (Schick 53’ (Djuricic ’75), Quagliarella, Muriel.

Juventus: Buffon; Asamoah, Rugani, Barzagli, Alves, Pjanic, Khedira, Mandzukic, Dybala (Pjaca 27’), Cuadrado (Lemina 72’), Higuain (Lichtsteiner 85’).

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11