Image

Michael Essien Datang, Siapa Gelandang Persib yang Terbuang?

Oris Riswan, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017, 02:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 17 49 1644875 michael-essien-datang-siapa-gelandang-persib-yang-terbuang-DiYOTnn54T.jpg

BANDUNG - Bergabungnya Michael Essien ke Persib Bandung menjadi angin segar. Pemain asal Ghana itu menambah optimisme Persib dalam mengejar prestasi sekaligus melipatgandakan gengsi tim di mata dunia.

Tapi hadirnya Essien seolah jadi polemik tersendiri. Sebab Essien menambah deretan gelandang berkualitas milik 'Maung Bandung'.

Selain Essien, para gelandang Persib adalah Hariono, Dedi Kusnandar, Kim Jeffrey Kurniawan, Gian Zola, dan Ahmad Subagja Basith. Belum lagi ada beberapa pemain yang bisa dipaksakan menjadi gelandang saat keadaan darurat, mereka yaitu Matsunaga Shohei, Atep, Tony Sucipto, dan Ahmad Jufriyanto.

Pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman pun melempar tantangan pada para gelandangnya. Ia meminta mereka bersaing secara sehat agar bisa mendapatkan posisi inti.

Sebelum datangnya Essien, hanya Hariono yang aman di lini tengah. Dengan formasi 4-2-3-1, 4-1-4-1, atau 4-3-3 sekalipun, Hariono yang sudah jadi ikon Persib seolah mendapat garansi tersendiri. Itu karena performa dan totalitas Hariono di lapangan sudah teruji bersama Persib.

Tapi selain Hariono, pemain di lini tengah harus rela dimainkan secara bergilir. Gian Zola, Dedi Kusnandar, dan Kim Kurniawan sangat jarang dimainkan secara penuh, terutama di Piala Presiden 2017. Bahkan Ahmad Subajga Basith yang merupakan pemain muda minim mendapatkan kesempatan.

Kini dengan hadirnya Essien, praktis akan ada pemain yang 'terbuang' dari posisi inti. Sebab Essien sangat kecil kemungkinannya dicadangkan. Itu karena Essien didatangkan dengan harga mahal dan punya pengalaman luar biasa sebagai pemain kelas dunia. 

Disinggung soal hal itu, Djanur mengatakan persaingan memperebutkan posisi inti adalah hal biasa dalam sepakbola. Hal serupa selalu dilakukannya selama menjadi pelatih. Ia memilih pemain inti yang benar-benar siap untuk bertarung dalam pertandingan.

"Itu semua bersaing saja. Memang kita ada beberapa pemain tengah, tapi bersaing saja nanti," kata Djanur, Kamis (16/3/2017).

Ia sendiri tidak masalah jika stok gelandang Persib saat ini menumpuk. Hal itu tergantung pada penilaian masing-masing orang.

Yang penting, ada iklim kompetitif yang positif dalam skuadnya. Sehingga masing-masing pemain akan termotivasi untuk tampil baik dan mendapat tempat di tim inti.

"Kalau persaingan di lini tengah, namanya sepakbola pasti ada persaingan. Jadi jangan sebut menumpuk. Namanya juga persaingan," jelas Djanur.

Ia sendiri menganggap adanya Essien sebagai sebuah keuntungan besar dari sisi teknis. Sebab Essien membuat Djanur bisa meracik banyak skema dan komposisi tim. Ia bisa leluasa memilih pemain disesuaikan dengan lawan yang akan dihadapi.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini