Share

Libas Saint-Etienne di Old Trafford, Man United Pijakkan Satu Kaki di Babak 16 Besar

Rully Fauzi

Jum'at, 17 Februari 2017 - 05:26 wib

MANCHESTER - Zlatan Ibrahimovic tampil gemilang dengan mencetak hat-trick saat membawa Manchester United meraih kemenangan 3-0 atas Saint-Etienne pada leg pertama babak 32 besar Europa League di Old Trafford, Jumat (17/2/2017) dini hari WIB.

Satu gol Ibra terjadi lewat open play, sementara dua lainnya lewat bola mati. Bomber gaek asal Swedia itu pun kini telah mencatat empat gol dari enam laga di ajang Europa League musim ini.

Kemenangan besar ini tentu melapangkan jalan bagi Setan Merah untuk bisa melaju ke babak 16 besar, meski Saint-Etienne masih memiliki peluang dengan bermain di kandang sendiri pada leg kedua  pekan depan. Untuk bisa lolos, klub Ligue 1 Prancis itu harus menang 4-0, sesuatu yang memang rasa-rasanya sangat sulit untuk diwujudkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tiga menit sejak dimulainya babak pertama, jantung fans Man United di Old Trafford sempat dibuat berdegup kencang. Bagaimana tidak, Eric Baily melakukan dua kali kesalahan umpan yang membuat gawang Man United nyaris kebobolan lebih dulu.

Salah satunya adalah ketika sang centre-back melakukan operan pelan ke arah kiper Sergio Romero yang berhasil direbut Henri Saivet. Beruntung, posisi Saivet tidak memungkinkan untuk melepaskan tembakan langsung ke gawang Man United sehingga Saint-Etienne gagal membuka keunggulan.

14 menit pertandingan babak pertama berjalan, Man United pada akhirnya berhasil membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Ibrahimovic.

Tendangan bebas yang dilepaskannya sejatinya lemah dan menyusur tanah, namun membentur kaki pemain bertahan Saint-Etienne yang menjadi pagar hidup. Arah bola pun berubah dan mengecoh kiper Ruffier yang tak mampu mengamankan bola yang masuk ke gawangnya. Skor 1-0 untuk keunggulan Man United.

Saat laga memasuki menit ke-25, Man United berpeluang menambah keunggulan lewat Juan Mata. Gelandang asal Spanyol itu mampu lepas dari kawalan pemain Saint-Etienne dan berlari mengejar umpan terobosan dari Paul Pogba.

Sayang, Ruffier berhasil membuat gerakan yang menggangu konsentrasi Mata sehingga membuat tendangannya masih melebar dari gawang.

Hingga berakhirnya babak pertama, tidak ada gol lagi yang tercipta. Man United sementara masih unggul dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Dua menit setelah kembali dari kamar ganti, Anthony Martial yang di babak pertama menciptakan banyak peluang emas bagi Man United langsung mendapat kartu kuning. Warning ia dapat setelah wasit melihatnya menyikut wajah bek Saint-Etienne, Kevin Malcuit.

Memasuki menit ke-49, Ibrahimovic kembali bikin gol setelah sundulannya, yang memanfaatkan umpan silang Mata tidak mampu dihadang Ruffier. Sayangnya, gol tersebut harus dianulir oleh wasit yang menyatakan mantan penyerang Paris Saint-Germain itu sudah dalam posisi offside.

Kubu tim tamu sendiri baru melakukan serangan berbahaya ke gawang Man United pada menit ke-62. Berawal dari situasi tendangan pojok, Saivet melepaskan umpan yang diterima Monnet.

Sebuah umpan terobosan ke dalam kotak penalti Man United pun coba ia arahkan kepada rekannya. Namun, ia kurang beruntung karena ada Chris Smalling yang mampu membaca arah bola dan mengamankannya.

15 menit jelang berakhirnya waktu normal, Ibrahimovic berhasil kembali mencatatkan namanya di papan skor. Marcus Rashford yang masuk menggantikan Mata berhasil menggiring bola ke dalam kotak penalti Saint-Etienne.

Setelah melewati beberapa pemain bertahan lawan, Rashford pun memberikan operan kepada Ibrahimovic yang tidak terkawal. Dengan mudah, sang penyerang veteran menceploskan bola ke dalam gawang Saint-Etienne. Man United unggul dengan skor 2-0!

Ibrahimovic lantas sukses menciptakan hat-trick perdananya untuk Man United saat laga memasuki menit ke-88. Dipercaya menjadi eksekutor penalti, Ibrahimovic mampu mengecoh Ruffier yang bergerak ke kiri, sedangkan bola tendangannya mengarah ke kanan. Skor 3-0, Man United unggul jauh atas Saint-Etienne. Ibra sendiri kini telah mengoleksi 23 gol untuk Man United dari semua ajang di musim ini.

Hingga peluit panjang dibunyikan, saint-Etienne gagal mengejar ketertinggalannya. Setan Merah pun keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0.

Susunan Pemain:

MUFC: Romero, Valencia, Bailly, Smalling, Blind, Fellaini/Lingard, Herrera, Mata/Rashford, Pogba, Martial/Young, Ibrahimovic.

ASSE: Ruffier, Malcuit, Perrin, Pogba/Beric, Théophile Catherine, Veretout, Pajot/Selnaes, Jorginho/Roux, Saivet, Monnet-Paquet, Hamouma.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 10
    3 Valencia CF 9
    4 Real Sociedad 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 FC Internazionale Milano 13
    2 Napoli 12
    3 Juventus 12
    4 Lazio 10
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 6
    2 FC Bayern Munich 6
    3 Hamburger SV 6
    4 Hannover 96 6