Image

Juara Bertahan Terburuk di Sejarah Liga Inggris

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 17 45 1621178 juara-bertahan-terburuk-di-sejarah-liga-inggris-guqTqhIbns.jpg

LEICESTER City memang diambang status sebagai salah satu juara bertahan terburuk di Liga Inggris. Sebab hingga musim sudah melalui 25 laga, Leicester masih tertahan di peringkat ke- 17 dengan torehan 21 poin.

Jika melihat performa Leicester sejauh ini, bukan tak mungkin tim arahan Claudio Ranieri tersebut bakal terdegradasi di akhir musim nanti. Dan jika hal tersebut terjadi, maka Leicester bakal benar-benar mendapatkan status sebagai salah satu juara bertahan Liga Inggris terburuk sepanjang sejarah.

Namun bagi para pendukung Leicester tak perlu berkecil hati jika hal tersebut benar-benar terealisasikan. Sebab sebelum Leicester, ada sejumlah klub yang sukses meraih status juara Liga Inggris tapi terdegradasi di musim selanjutnya.

Pertama ada Manchester City. Ketika Man City jadi juara Liga Inggris 1937-1938, mereka memiliki perjalanan jadi jawara layaknya Leicester. Tak pernah diunggulkan, Man City justru membuat banyak kalangan terkejut dengan finis di peringkat teratas musim 1936-1937.

Banyak yang menilai kesuksesan Man City hanyalah sebuah keberuntungan semata. Dan benar saja, di musim selanjutnya, Man City harus menyudahi musim di posisi paling buncit dengan terpaut 16 poin dari Arsenal yang keluar sebagai jawara.

Setelah Man City, terdapat Liverpool yang juga sempat bernasib sial usai menjadi juara Liga Inggris. Tampil sangat perkasa di Liga Inggris 1946-1947. The Reds justru melempem ketika berstatus sebagai juara bertahan. Namun berbeda dengan Man City, Liverpool mampu menutup musim tak terdegradasi dengan menempati urutan ke- 11.

Ditempat ketiga ada Blacburn Rovers yang berstatus juara bertahan Liga Inggris terburuk sepanjang sejarah. Sukses menampilkan performa luar biasa dan jadi jawara Liga Inggris 1994-1995, Blackburn justru tampil sangat buruk di musim selanjutnya dan hanya mampu finis di tempat ketujuh.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini