Share
Liverpool saat bertemu Chelsea di Grup G Liga Champions 2005-2006. (Foto: AFP/John D Mchugh)

Soccerpedia: Liverpool, Tampil di Liga Champions meski Merangkak dari Kualifikasi I

Ramdani Bur

Jum'at, 17 Februari 2017 - 19:06 wib

LIVERPOOL adalah klub pertama yang tampil di fase grup Liga Champions, meski harus merangkak dari Kualifikasi I. Hal itu dilakukan The Reds –julukan Liverpool– pada Liga Champions 2005-2006.

Jika melihat pencapaian di Liga Inggris 2004-2005, Liverpool seharusnya tak dapat tampil di Liga Champions 2005-2006. Hal itu karena Steven Gerrard dan kawan-kawan hanya finis di posisi lima klasemen akhir. Sekadar diketahui, hanya empat tim teratas Liga Inggris yang diizinkan mentas di Liga Champions, itu pun posisi tiga dan empat harus tampil di babak Kualifikasi III terlebih dulu.

Lantas mengapa Liverpool dapat tampil di Liga Champions meski harus merangkak dari Kualifikasi I? Ya, hal itu karena Liverpool merupakan juara bertahan Liga Champions. Musim sebelumnya, Liverpool menjadi yang terbaik di Eropa setelah mengalahkan AC Milan via adu penalti.

Sekadar informasi, juara bertahan diziinkan berpartisipasi dari babak kualifikasi meski gagal memenuhi syarat dari liga yang diikutinya. Saat itu di Kualifikasi I, Liverpool asuhan Rafael Benitez Benitez mengalahkan klub Wales, Total Network Solutions, dengan agregat 6-0.

Selanjutnya di kualifikasi II, Liverpool mengalahkan wakil Lithuania yakni FBK Kaunas dengan agregat 5-1. Beranjak ke Kualifikasi III, giliran perwakilan Bulgaria yakni CSKA Sofia yang dikalahkan 3-2 oleh Liverpool. Kemenangan itu membuat Liverpool melaju ke fase grup dan ditempatkan dengan Chelsea, Real Betis dan Anderlecht.

Mengapa Liverpool bisa satu grup dengan Chelsea yang notabene satu negara? Padahal di fase grup, klub yang berasal dari satu negara tidak diizinkan bersama. Ternyata, Liverpool dan Chelsea bisa berada dalam satu grup karena Si Merah dihitung wildcard dan ibaratnya bukan perwakilan tim dari Inggris.

Pada akhirnya, Liverpool berhasil sebagai juara Grup G mengungguli Chelsea. Namun, kiprah Liverpool terhenti di 16 besar setelah dikalahkan Benfica dengan agregat 0-3.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 16
    2 Manchester United FC 16
    3 Chelsea FC 13
    4 Tottenham Hotspur FC 11
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 18
    2 Athletic Madrid 14
    3 Sevilla 13
    4 Valencia CF 12
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 18
    2 Juventus 18
    3 FC Internazionale Milano 16
    4 Lazio 13
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 16
    2 Hoffenheim 14
    3 FC Bayern Munich 13
    4 Hannover 96 12