Menang Tipis atas Atletico, Satu Kaki Barcelona Ada di Partai Final Copa del Rey

Reza Saputra, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2017 04:54 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 02 46 1607219 menang-tipis-atas-atletico-satu-kaki-barcelona-ada-di-partai-final-copa-del-rey-Xz4D0MHZix.jpg

MADRID – Barcelona berhasil meraih kemenangan kontra Atletico Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey 2016-2017. Bermain di Vicente Calderon, Kamis (2/2/2017) dini hari WIB, Blaugrana – julukan Barca, menang dengan skor 2-1. 

Dengan hasil tersebut, membuat Barca kini menempatkan satu kakinya di partai Final Copa del Rey. Sementara itu leg kedua akan berlangsung di Camp Nou pada Rabu 8 Februari 2017 dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski bertindak sebagai tim tamu, nyatanya tidak menyulitkan mental Barca untuk memberikan tekanan kepada tuan rumah di awal babak pertama. Buktinya, pertandingan baru berjalan tujuh menit, Barcelona sudah berhasil unggul 1-0 atas tuan rumah Atletico.

Adalah Luis Suarez yang mencatatkan namanya di papan skor. Bermula dari umpan Javier Mascherano, Suarez yang mendapat bola sukses melewati beberapa pemain Atletico. Tanpa kawalan berarti, mantan pemain Liverpool itu tinggal menyontek bola ke pojok kanan gawang.

Tertinggal satu gol membuat Atletico mulai berani keluar. Dengan mengandalkan umpan-umpan terobosan, Los Cholconeros mencoba membongkar pertahanan tim tamu. Namun rapatnya pertahanan Barca yang digawangi Gerard Pique dan Samul Umtiti berhasil meredam setiap serangan yang datang.

Barcelona kembali menekan pertahanan tuan rumah. Kali ini giliran Neymar yang nyaris menambah keunggulan di menit 25. Lewat serangan balik cepat, Neymar yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tembakan ke arah gawang namun masih terlalu lemah.

Barca akhirnya sukses menambah keunggulan di menit 33. Mendapat umpan pendek dari Ivan Rakitic, dari luar kotak penalti, La Pulga melepaskan tembakan keras kaki kiri yang menghujam gawang tuan rumah.

Tiga menit jelang turun minum, Atletico nyaris memperkecil ketertinggalan. Mendapat ruang kosong di kotak penalti Barca, Koke melapaskan tembakan placing ke arah gawang. Sayang tendangannya masih melambung.

Babak Kedua

Selepas jeda, Atletico memainkan Fernando Torres untuk menambah daya gedor. Benar saja, baru berjalan lima menit, pemain berpaspor Spanyol itu nyaris memperkecil keadaan saat lolos dari jebakan offside. Tinggal berhadapan dengan Jasper Cillessen, Torres gagal memanfaatkan peluang karena bola berhasil disapu Jordi Alba.

Atletico akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan di menit 60 melalui Antoine Griezmann. Berawal dari skema tendangan bebas, Gabi mengirim bola ke kotak penalti yang diteruskan dengan sundulan Diego Godin. Mendapat umpan matang, Griezmann langsung menanduk bola ke gawang Barca.

Dua menit berselang, Griezmann nyaris mencetak gol kedunya pada pertandingan kali ini. Mendapat umpan tarik dari Felipe Luis, pemain asal Prancis itu berhasil menyontek bola. Namun penampilan apik Cillessen di bawah mistar sukses mementahkan bola tersebut.

Menit 76 giliran Barca yang mengancam melalui tendangan bebas Messi. Sayang tendangan bebas pemain asal Argentina itu masih mampu ditepis oleh Moya.

Kedua tim menampilkan permainan terbuka di sisa waktu babak kedua. Tidak hanya itu, tempo permainan juga semakin meningkat karena kedua tim masih membutuhkan gol untuk menjaga asa lolos ke babak final.

Namun hingga wasit meniup peluit panjang babak kedua, skor 2-1 untuk keunggulan Barca tidak berubah. Dengan begini anak asuh Luis Enrique memiliki modal besar saat menatap leg kedua yang berlangsung di Camp Nou Rabu pekan depan.

Susunan pemain:

Atletico Madrid XI: Moyá; Vrsaljko (Torres 46’), Godín, Savic, F.Luis; Gabi, Koke; Juanfran, Saúl (Gaitan ‘59), Carrasco (Gameiro ‘70); Griezmann.

Barcelona XI: Cillessen; S. Roberto, Piqué, Umtiti, J. Alba; Mascherano, Rakitic (Denis 58’), André Gomes (Rafinha ’72); Messi, Suárez, Neymar.

(rzs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini