Share

Ditundukkan Myanmar 3-6, Nasib Timnas Indonesia di Ujung Tanduk

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 24 Januari 2017 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 24 51 1599709 ditundukkan-myanmar-3-6-nasib-timnas-indonesia-di-ujung-tanduk-iUGoXNJUvX.jpg Timnas Futsal Indonesia di ujung tanduk. (Foto: Twitter PSSI)

BANGKOK – Nasib Timnas Indonesia di ajang AFF Futsal Championship 2016 di ujung tanduk. Hal itu karena Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan mengalami dua kekalahan di dua laga awal. Setelah ditundukkan Malaysia 5-6, Indonesia dibungkam Myanmar 3-6 pada Selasa (24/1/2017) siang WIB.

Meski kalah Indonesia masih menyimpan asa untuk lolos ke semifinal. Asalkan, Laos mampu mengalahkan Malaysia dalam laga yang berlangsung sesaat lagi. Setelah itu, Indonesia wajib menundukkan Laos di laga terakhir dengan skor setelak mungkin, plus berharap Malaysia ditundukkan Myanmar.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Myanmar yang menerapkan pressing ketat berhasil memanfaatkan setiap jengkal kesalahan yang dibuat Indonesia. Terbukti laga baru berjalan dua menit, Myanmar sudah unggul dua gol.

Tertinggal dua gol membuat Indonesia tampil kesetanan. Indonesia sukses mencetak gol pertama lewat Syahidansyah Lubis via tembakan keras kaki kiri pada menit keempat. Berselang sembilan menit, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan kaki kiri Reza Yamani setelah menerima assist dari Andriansyah Runtuboy.

Namun, Myanmar berhasil memanfaatkan kelengahan yang melanda Indonesia. Terbukti pada menit 13 dan 14, Myanmar kembali menjauhkan jarak menjadi 4-2 lewat dua gol Pyae Phyo.

Beruntung di menit 15 Syahidansyah kembali mencetak gol bagi Indonesia dan mengubah skor sementara 3-4. Meski tertinggal, masih ada kesempatan bagi Indonesia untuk membalikkan kedudukan, mengingat masih ada babak kedua yang akan berlangsung 20 menit.

Babak Kedua

Indonesia kembali mendominasi pertandingan di awal babak kedua. Namun seperti di babak pertama, Myanmar masih menerapkan pressing ketat yang membuat Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan kesulitan menjebol gawang mereka.

Keasyikan menyerang membuat Indonesia melupakan pertahanan. Alhasil, Myanmar sukses mencetak gol kelima lewat aksi Pyae Phyo pada menit 24. Gol tersebut merupakan yang ketiga bagi Phyo di laga kali ini.

Berselang satu menit Randy Satria melepaskan tembakan keras. Namun, sepakan Randy masih dapat ditepis kiper Myanmar, Kyaw Htet. Pada menit 30, Indonesia kembali mendapat peluang. Namun, Kyaw Htet lagi-lagi mampu mengamankan tembakan yang dilepaskan Ardy Dwi Suwardi.

Andre Kustiawan! Tembakannya dari situasi set piece masih membentur tiang gawang Myanmar. Untuk memperkecil skor, pelatih Andri Irawan memainkan formasi power play atau tidak memainkan penjaga gawang.

Namun, strategi tersebut gagal berjalan sesuai harapan. Myanmar justru mampu mencetak gol keenam lewat Sai Pyone Aung saat pertandingan menyisakan satu menit. Alhasil, skor 6-3 untuk kemenangan Myanmar.

Susunan Pemain Awal : 1. Muhammad Iksan Rahadian (GK), 6. Al Fajri Zikri 7. Jaelani Ladjanibi (C) 13. Ardiansyah Runtuboy 15. Reza Yamani.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini